Home » Politik » Bali Tetap Tangguh
Bali Tetap Tangguh
Rahmat Palopa

Bali Tetap Tangguh

LUWUK — Pengamat politik Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, Rahmat Palopa mengatakan, ketangguhan calon petahana Ketua DPD Golkar Banggai, Samsulbahri Mang di Musda nanti memaksa rival ekstra kejar keras. Pasalnya, kekuatan Samsulbahri Mang untuk mempertahankan tongkat kepemimpinan beringin rindang sangatlah terstruktur sehingga sulit ditumbangkan.
Menurutnya, kondisi itu akan dirasakan oleh Sukrisnanto Setjoadi alias Ko Sin yang telah menyatakan sikap akan berkompetisi di Musda Golkar Banggai. Sekalipun dukungan terhadap Ko Sin terus mengalir dari eks pengurus Golkar Banggai, namun kekuatan Bali Mang –panggilan akrab Samsulbahri- tetap berada di atas angin.
“Bali Mang masih di atas angin. Sulit bagi pendatang baru untuk menumbangkannya, apalagi selama ini Ko Sin belum masuk dalam struktur kepengurusan Golkar Banggai, khususnya pada jabatan strategis,” ungkap Rahmat, Senin (22/8).
Lanjut dekan Fisip terpilih ini, komposisi kepengurusan Golkar hampir dipastikan 90 persen pro Bali Mang. Sebab adalah mustahil kader yang diakomodir Bali Mang bukanlah figur yang mampu bekerjasama dengannya dalam membesarkan organisasi.
“Otomatis pengurus yang ada sekarang adalah orang-orang kepercayaan Bali Mang. Ketika mereka adalah orang dekat maka kerjasama antar kader dan pimpinan terbangun. Bagaimana bisa roda organisasi berjalan maksimal kalau diinternalnya terjadi pengkotak-kotakan,” jelasnya.
Hal itu tak terlepas dari pengaruh kekuasaan Bali Mang yang juga merupakan ketua DPRD Banggai. Meski begitu, Rahmat melihat bukan berarti Ko Sin tak memiliki peluang apapun.
Dalam dunia politik peluang akan dapat diciptakan bergantung pada upaya yang ditempuh. “Tinggal bagaimana cara mendesain dan melancarkan serangan strategi,” pungkasnya.(tr-53)

About uman