Home » Banggai Kepulauan » Pekan Depan, KPU Turun Lapangan
Pekan Depan, KPU Turun Lapangan
Pasangan Balon kada Bangkep dari jalur independen, Delmard Siako dan Najib Bangunan saat menyerahkan berkas pencalonan kepada Ketua KPU Bangkep. Setelah dinyatakan bersyarat, KPU akan kembali melakukan verifikasi faktual lapangan untuk memastikan keabsahanan syarat dukungan pasangan tersebut.

Pekan Depan, KPU Turun Lapangan

SALAKAN — Pilkada Bangkep tahun 2017 telah memasuki tahap verifikasi  faktual lapangan syarat dukungan calon independen. Terkait itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengerahkan anggotanya untuk memastikan keabsahan dukungan.
Dalam bertugas, KPU menggunakan metode sensus, yakni mendatangi pemilik KTP (bukti syarat dukungan,Red) yang diajukan calon pada tahap pendaftaran lalu.
“Petugas melakukan sensus orang perorang bagi setiap nama yang diajukan sebagai pendukung dengan cara mengunjunginya langsung,” jelas Ketua KPU Bangkep, Tamin, Jumat (19/8).
Dikatakannya, sebagai verifikator lapangan, KPU memfungsikan anggota PPK (panitia pemilihan kecamatan) dan PPS (panitia pemungutan suara). Dalam hal ini, komisioner KPU akan bekerja dengan timnya masing-masing.
“KPU ikut melibatkan diri dengan aktif dan masif sepanjang tahap verifikasi. Untuk kelancaran tugas sebelumnya PPK dan PPS telah dibekali pengetahuan melalui bimbingan teknis (bimtek),” katanya.
Diketahui, berdasarkan hasil verifikasi awal berkas pencalonan pasangan independen oleh KPU pekan lalu hanya meloloskan pasangan Delmard Siako dan Najib Bangunan.
Hal itu setelah KPU menyatakan jumlah dukungan dan adminitrasi persyaratan pencalonan Delmard-Najib bersyarat pada fase verifiksi perdana. Adapun pada tahap ke dua, yakni verifikasi lapangan akan dimulai pada tanggal 24 Agustus hingga 4 September tahun ini.
Lain halnya dengan pasangan Nori dan Sabarudin yang dinyatakan tidak bersyarat. Meski telah diberi waktu perbaikan namun hingga ditutupnya tahap pendaftaran pasangan tersebut dinyatakan tak bersyarat sehingga digugurkan dari daftar bakal calon peserta pilkada Bangkep dari jalur non parpol. (wan)

About uman