Home » Berita Utama » Golkar Belum Usung Zainal-Rais
Golkar Belum Usung Zainal-Rais
Harsono Moidady

Golkar Belum Usung Zainal-Rais

LUWUK—Rumor kegagalan Lania Laosa mengantongi rekomendasi Golkar tampaknya membuat jajaran elit DPD Golkar Bangkep kocar-kacir. Untuk memperjelas itu, Sekretaris Golkar Bangkep, Harsono Moidady terpaksa bertolak ke Jakarta menyambangi kantor DPP Gokar, Kamis (18/8).
Di DPP Golkar, Harsono menemui Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Idrus Marham, Korwil DPP Golkar untuk wilayah Sulteng serta elit beringin rindang lainnya.
Konfirmasinya Harsono akhirnya menemukan jawaban mengenai dasar sehingga mencuatnya isu Golkar telah menetapkan pasangan Zainal Mus dan Rais Adam sebagai kandidat usungannya di pilkada Bangkep 2017 mendatang.
“Fakta di DPP bahwa sampai hari ini Golkar belum mengeluarkan SK rekomendasi untuk pilkada Bangkep. Mengenai Zainal-Rais yang dikeluarkan bukanlah SK rekomendasi melainkan surat pemberitahuan hasil rapat pilkada di DPP pada tanggal 4 dan 12 Agustus lalu,” tegas Harsono, Kamis kemarin.
Substansi surat tersebut adalah mengakomodir Zainal dan Rais sebagai bakal calon (balon) usungan Golkar. Sebab, hadirnya kedua pasangan tersebut mulanya tanpa melalui proses penjaringan di tingkat desa, kecamatan hingga DPD II (kabupaten,Red) pada tahap rekrutmen balon kada.
“Itu diatur dalam PO Nomor 1 tahun 2016 tentang penjaringan. Pada pleno DPD II Golkar Bangkep hanya menetapkan enam orang figur termasuk Lania Laosa, tanpa adanya Zainal karena tidak pernah mendaftar. Nah, makanya DPP kemudian menggelar rapat dan mengakomodir Zainal yang disampaikan melalui surat pemberitahun, bukan SK rekomendasi,” jelasnya.
Karena itu, menurut dia, belakangan ini telah terjadi kesalahan tafsir publik mengenai sikap DPP Golkar. Dimana sesungguhnya baru mengeluarkan surat pemberitahuan hasil rapat pilkada yang kemudian dipelintir seolah-olah Golkar mengkhianati Lania Laosa selaku pimpinan partai di Bangkep.
“Jadi informasi bahwa Zainal patahkan pergerakan Lania berburu rekomendasi Golkar  tidak benar. Rekomendasi Golkar untuk Pilkada Bangkep belum dikeluarkan, jadi  kita menunggu saja keputusan DPP,” pungkasnya.(tr-53)

About uman