Home » Berita Utama » Enam Jabatan Eselon II Hilang
Enam Jabatan  Eselon II Hilang
Benyamin Pongdatu

Enam Jabatan Eselon II Hilang

LUWUK-Kompetisi untuk mendapatkan jabatan eselon II di lingkungan Pemda Banggai bakal makin ketat. Pasalnya, kotak jabatan makin sedikit menyusul perampingan struktur organisasi perangkat daerah.
Bulan ini juga rancangan peraturan daerah (Raperda) diajukan ke DPRD. Hasilnya, akan ada enam jabatan eselon II yang hilang.
Kabag Organisasi Setdakab Banggai, Benyamin Pongdatu yang ditemui Kamis (18/8) kemarin menjelaskan, sebelum Raperda diajukan ke legislatif, terlebih dahulu dikonsultasikan kepada Bupati, Wakil Bupati serta Sekkab. “Hari ini kita finalkan raperda tentang perangkat daerah itu,” kata Benyamin.
Mantan pelaksana tugas (Plt) Direktur PDAM Kabupaten Banggai ini belum memberi kepastian tanggal diajukannya Raperda. Tapi dia memberi garansi sebelum berakhir bulan Agustus sudah masuk di dewan yang selanjutnya dibahas untuk melahirkan peraturan daerah (Perda).
Benyamin juga belum mau buka-bukaan apa saja SKPD yang bakal dirampingkan. Namun yang pasti telah terjadi pengurangan. Sebagai gambaran kata Benyamin, SKPD eselon II dari 35 berkurang menjadi 31, begitu pula dengan kotak jabatan eselon II sudah termasuk Staf Ahli dan Asisten dari 43 berkurang menjadi 37. Dengan demikian sebanyak enam kotak jabatan eselon II yang hilang. Apa saja kotak jabatan yang hilang itu? Benyamin belum mau merincikan.
Perampingan SKPD ini lanjut mantan Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdangan ini, mendasari rujukkan peraturan pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah. “Ini bukan semata kebijakan bupati, tapi acuannya PP,” kata Benyamin.
Lagi pula tambah dia, dengan perampingan ini sekaligus mengedepankan efisiensi anggaran sehingga ABPD bisa termanfaatkan untuk kepentingan rakyat. “Ini artinya, menekan jumlah belanja pegawai, tanpa harus mengurangi pegawai,” jelas Benyamin Pongdatu. (yan)

About uman