Home » Banggai Laut » Setoran Guru Berdasar Kesepakatan Rapat
Setoran Guru Berdasar Kesepakatan Rapat
Muhsin Salim

Setoran Guru Berdasar Kesepakatan Rapat

BANGGAI – Oknum pegawai Bidang Pendidikan Menengah dan Umum (Dikmenum) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Banggai Laut berinisial LB menyatakan, biaya perjalanan yang disetor para guru berdasar kesepakatan bersama dalam rapat.
“Saya cuma tawarkan penghematan. Dibanding mereka berangkat sendiri biayanya cukup besar, ini (setoran RP  400 ribu, Red) tidak dipaksa,” kata LB melalui salah seorang yang ditugaskannya menyampaikan klarifikasinya, Jumat (12/8).
Terkait dana yang telah dikumpulkan tersebut, LB mengaku belum digunakan karena pihaknya belum mengantarkan formulir A1 ke pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.
Sementara itu, Akademisi Universitas Muhamadiyah Luwuk (UML) di Kelas Jauh Banggai Laut,  Muhsin Salim mengkritik pernyataan LB tersebut. Menurut Muhsin, meski terkesan membantu, LB telah memanfaatkan jabatannya untuk mengambil keuntungan dari para guru.
“Pembebanan Rp 400 ribu terlalu besar, sebab jika benar ada 38 Guru yang menyetor, maka jumlah keseluruhannya mencapai Rp 15 Juta,” tandasnya.
Dalam hitungan Muhsin, biaya perjalanan ke Palu pergi-pulang hanya menghabiskan anggaran sekira Rp 2 Juta hingga Rp 3 Juta. Sehingga selayaknya ke 38 Guru itu cukup menyetor Rp 100 ribu per orang. “Ini kalau niatnya membantu,” paparnya. (sbt)

About uman