Home » Politik » Peluang Bali Kukuh, Sukri Kerja Keras
Peluang Bali Kukuh, Sukri Kerja Keras
Samsulbahri Mang

Peluang Bali Kukuh, Sukri Kerja Keras

LUWUK — Partai Golkar telah menetapkan kapasitas calon ketua yang bakal berlaga pada musyawarah daerah (Musda) nanti. Hal itu menyusul dikeluarkannya PO terbaru hasil Munaslub tahun ini yang mengatur tentang teknis persyaratan calon ketua. Dimana masing-masing figur wajib mengantongi 30 persen dukungan tertulis oleh para eksekutor. Dengan demikian dipastikan jumlah peserta Musda tak akan melebihi 3 orang.
Kondisi tersebut diyakini tak akan mempersempit peluang Samsulbahri Mang untuk kembali memimpin DPD II Partai Golkar Banggai periode kedepan. Bahkan, fungsionaris Golkar Banggai Jimmy Alimun meyakini Bali Mang –panggilan akrab Samsulbahri- akan menjawarai Musda Golkar Banggai melalui kemenangan aklamasi.
“Kami akan upayakan seperti itu,” tegas Jimmy akhir pekan lalu.
Sebelumnya, prediksi serupa juga diungkapkan pengamat politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Kisman Karinda. Apalagi kata Kisman, saat ini hingga detik-detik pelaksanaan Musda seluruh kepengurusan Golkar Banggai masih dibawah kekuasaan Bali Mang.
Lalu bagaimana dengan Sukri Djalumang, mantan Ketua Harian Golkar Banggai yang disebut-sebut bakal menjadi rival terberat Bali Mang. Terkait persyaratan, kerabat dekat Sukri yang juga kader Golkar Banggai, Aryanto Hakim optimistis terpenuhi. Begitupula dengan syarat 30 persen minimal dukungan dari pemilik hak suara untuk meloloskan Sukri sebagai calon ketua.
“Untuk persyaratan saya rasa tak ada masalah, akan disanggupi. Kalau persoalan dukungan itu akan diatur, kami punya strategi, tapi itu nantilah,” jelasnya akhir pekan lalu.
Sementara itu, sejumlah kalangan memprediksi, di Musda nanti Sukri harus bekerja keras untuk mengungguli Bali Mang. Selain perjuangan ditingkat Kabupaten, peluang keberhasilan Sukri bergantung pada DPD I Golkar Sulteng selaku pihak yang berwenang mengatur urusan DPD II Gokar Banggai.
“Harus ada lobi-lobi ditingkat provinsi. Peluang kemenangan Sukri juga bergantung pada siapa yang nantinya terpilih memimpin Golkar Sulteng, kader yang bisa membantu Sukri atau malah yang akan mempermantap posisi Bali Mang? Tapi kalau hitung-hitungan politik saat ini Bali Mang masih diyakini mampu mempertahankan tongkat estafet kepemimpinan Golkar,” jelas salah seorang pengurus Golkar Banggai yang menolak identitasnya dikorankan, Minggu (14/8).(tr-53)

About uman