Home » Berita Utama » PT Pertamina EP MGDP Siap Bersinergi
PT Pertamina EP MGDP Siap Bersinergi
Herutama

PT Pertamina EP MGDP Siap Bersinergi

LUWUK—Development Director PT Pertamina EP Herutama Trikoranto, menegaskan, pihaknya siap bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Banggai dibawah kepemimpinan Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim.
Operasi katarak yang digelar untuk keempat kalinya merupakan salah satu bentuk kepedulian PT Pertamina EP MGDP terhadap masyarakat Kabupaten Banggai. Sejauh ini, PT Pertamina EP MGDP telah membantu operasi terhadap sekira 300 penderita katarak. Terutama dari keluarga kurang mampu.“Gangguan penglihatan merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat mengurangi produktifitas warga. Kami berharap dengan baksos operasi katarak, warga yang mengalami gangguan penglihatan dapat melihat kembali. Beraktivitas dan mampu meningkatkan produktifitasnya. Karena meskipun sudah usia senja, ada saja usaha yang masih bisa dilakukan, terutama home industry,” katanya.
Terkait dengan program pemerintah lainnya seperti halnya gerakan moral Pinasa sebagaimana harapan Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim, pihaknya siap mensinergikan dengan program CSR PT Pertamina EP MGDP.“Pada prinsipnya program CSR PT Pertamina EP MGDP untuk pemberdayaan masyarakat. Kami berupaya tidak sekedar memberi. Ibaratnya kami memberi kail bukan ikan, sehingga masyarakat lebih berdaya dan mampu menggerakkan perekonomian di daerah,” ujarnya.
Dengan program pemberdayaan, pihaknya berharap kelak jika PT Pertamina EP tidak lagi beroperasi di daerah ini masyarakat dalam kondisi sangat siap untuk hidup secara mandiri.“Tujuan kami kemandirian. Kami akan melihat program program pemerintah yang bisa kami bantu dalam rangka pemberdayaan dan kemandirian masyarakat di waktu mendatang,” katanya kepada Luwuk Post.
Masalah kebersihan lingkungan lanjutnya salah satunya terkait dengan pengelolaan sampah. Sampah, seringkali bahkan masih bisa memberikan nilai ekonomi. Misalnya, sampah plastik bisa diolah menjadi kerajinan tas dan alas meja dan bernilai jual.“Terkait dukungan terhadap giat kebersihan. Hal hal seperti itu yang akan kami pikirkan.Kami mendukung program kebersihan. Nanti kami akan singkronkan dengan program CSR,” ujarnya.
Sebelumnya saat membuka kegiatan operasi katarak, Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim, meminta kepada PT Pertamina EP untuk turut mendukung gerakan moral Pinasa dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. (ris)

About uman