Home » Politik » Djufri: Ini Awal Baik Bagi Kita
Djufri: Ini Awal Baik Bagi Kita
Anggota Komisi 3 DPRD Banggai, Djufri R Diko bersama pengurus DPD Partai Golkar Jimmy Alimun berfose usai mendengarkan hasil rapat terkait keputusan DPRD Provinsi Sulteng mendukung pemekaran DOB Provinsi Sulawesi Timur, Jumat (12/8) di kantor DPRD Provinsi Sulteng.

Djufri: Ini Awal Baik Bagi Kita

LUWUK-Meski belum mencapai puncak perjuangan, namun disetujuinya pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Sulawesi Timur oleh 8 fraksi DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, cukup memberikan angin segar bagi pejuang Sultim dan warga dari sejumlah kabupaten yang masuk dalam rencana pembentukan Provinsi Sulawesi Timur. Anggota Komisi 3 DPRD Banggai, Moh Djufri R Diko mengungkapkan perasaan yang sangat lega ketika persetujuan itu diberikan oleh DPRD Provinsi Sulteng. Pasalnya, perjuangan pembentukan Sultim sudah cukup lama tapi selalu saja terbentur pada persetujuan DPRD Provinsi Sulteng yang kerap beralasan data yang diajukan kurang lengkap. “Alhamdulillah, akhirnya seluruh fraksi DPRD Provinsi Sulteng menyetujui lahirnya provinsi Sulawesi Timur,” ungkapnya via telepon, Jumat (12/8).
Ia menjelaskan dengan adanya persetujuan itu, DPRD Provinsi Sulteng kini tengah membentuk pansus yang akan membahas berbagai hal termasuk pembagian aset pemerintah dan ibu kota provinsi pemekaran. Berdasarkan keterangan sejumlah anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, kerja pansus untuk melahirkan satu keputusan tidak akan lama. Bisa jadi sebelum bulan Agustus berakhir sudah selesai.  Setelah itu, fokus para pejuang Sultim tinggal meyakinkan kementerian atas sejumlah persyaratan.  “Jika ini terwujud maka akan ada banyak peluang baik bagi daerah kita. Ini bisa menimbulkan multiplayer efek, apalagi kita adalah daerah investasi migas,” imbuhnya.
Djufri juga mengatakan dengan adanya DOB baru ini, penempatan sejumlah ASN juga bisa lebih efesien dalam menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan. Sebab,  kabupaten Banggai adalah daerah dengan jumlah ASN terbanyak di Sulteng. “Kalau bisa nambah mungkin belum, tapi setidaknya penempatan ASN bisa lebih efisien,”  tuturnya.
Tak hanya Djufri yang bersyukur atas persetujuan itu, tapi seluruh pejuang Sultim, seperti Basri Soni, Hasrin Rahim dan kawan-kawan juga larut dalam uforia. Bahkan, tiga ketua DPRD yakni Ketua DPRD Banggai, Samsulbahri Mang, Ketua DPRD Bangkep Risal Arwie dan ketua DPRD Balut, serta sejumlah anggota DPRD Banggai yang ikut dalam rapat terlihat semringah. “Semua senang menyambut keputusan itu. Kita berharap Sultim segera terealisasi,” pungkasnya.(van)

About uman