Home » Berita Utama » Deprov Sulteng Setujui Pembentukan Sultim
Deprov Sulteng Setujui Pembentukan Sultim
Sidang paripurna DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) yang diikuti oleh seluruh fraksi serta melibatkan forkopimda wilayah cakupan Sultim akhirnya menyetujui pembentukan DOB Sultim, Jumat (12/8).

Deprov Sulteng Setujui Pembentukan Sultim

LUWUK — Perjuangan pembentukan daerah otonomi baru Provinsi Sulawesi Timur (DOB Sultim) akhirnya membuahkan hasil. Jumat (12/8), DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) secara resmi menyatakan menyetujui pemekaran provinsi baru di wilayah timur Sulteng tersebut melalui sidang paripurna.
“Tanpa beban dan tekanan kami menyetujui pembentukan DOB Sultim. Tok, tok, tok,” ketukan palu sidang oleh Ketua DPRD Sulteng, Aminudin Ponulele, Jumat pagi kemarin.
Hal itu sontak disambut gembira dengan ucapan kalimat “Allahu akbar” oleh ratusan pasang mata yang hadir. Selain jajaran legislator dari seluruh fraksi serta pemerintah provinsi, turut hadir pula forkopimda wilayah cakupan Sultim ditambah seluruh elemen forum perjuangan Sultim.
“Paripurna telah selesai, seluruh fraksi di DPRD Sulteng menyetujui pembentukan Sultim,” tegas Sekretaris Tim Pembentukan Masyarakat Sultim Bersatu (TPMSB), Nadjib Lapalanti, Jumat kemarin.
Hasil tersebut, katanya Nadjib akan ditindaklanjuti melalui pembahasan oleh panitia khusus (Pansus) DPRD Sulteng terkait sejumlah poin yang tertuang dalam rekomendasi persetujuan.
“Targetnya sebelum Agustus bulan ini kerja Pansus sudah harus selesai yang kemudian akan kembali ditetapkan dalam paripurna selanjutnya. Kami selaku pejuang Sultim mengucapkan terimakasih kepada Aminudin Ponulele yang telah legawa menyetujui Sultim,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua DPRD Banggai, Samsulbahri Mang menyatakan, ditingkat dewan provinsi (Deprov) persoalan Sultim telah tuntas yang ditandai dengan persetujuan oleh seluruh fraksi beserta unsur pimpinan dewan.
“Pada persoalan persetujuan Sultim oleh Deprov tak ada lagi masalah, tinggal menunggu hasil pembahasan Pansus yang ditegaskan oleh pimpinan DPRD harus selesai sebelum menyeberang bulan Agustus ini,” jelasnya.
Adapun poin yang menjadi objek pembahasan Pansus adalah mengenai pelepasan sebagian aset serta besaran dana hibah. Sedangkan untuk poin persetujuan lainnya, Ketua Gokar Banggai yang akrab dipanggil Bali Mang ini juga memastikan tak lagi bermasalah. “Saya berterimakasih kepada Aminudin Ponulele selaku pimpinan Deprov. Jadi kepada seluruh masyarakat Sultim teruslah mendoakan serta mensupport kerja-kerja pejuang menuju realisasi DOB Sultim definitif,” imbau Bali Mang.(tr-53)

About uman