Home » Politik » Hasan Pilohima Istrahat Jadi Politisi
Hasan Pilohima Istrahat Jadi Politisi
Hasan Pilohima

Hasan Pilohima Istrahat Jadi Politisi

LUWUK— Mantan anggota DPRD Banggai, Hasan Pilohima memilih istrahat dari dunia politik. Selain tidak lagi memiliki kemauan menjadi politisi, usia lanjut juga menjadi faktor sehingga dia memilih sikap tersebut.
Ditemui di Masjid Agung An-Nur Luwuk disela-sela kegiatan manasik umum calon jamaah haji (CJH), Rabu (10/8) kemarin, Hasan menuturkan keinginannya itu. “Usia saya sudah 66 tahun. Selain fisik juga tak ada lagi kemauan,” kata Hasan.
Apakah ada kader yang dipersiapkan? Hasan menjawab, Ramli Pilohima (anaknya) sebenarnya punya talenta di dunia milik para politisi tersebut. Tapi Hasan tidak begitu percaya diri (pede) anaknya bisa mengikuti jejaknya menjadi legislator di parlemen lalong. Alasan mantan aleg Partai Golkar dan PKS ini, karena kedepan persaingan semakin kompetitif.
Apalagi sambung Hasan, setiap pemilu legislatif rakyat lebih cenderung pragmatis. “Kedepan caleg terpilih bukan karena sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Tapi karena besarnya cost politik yang disiapkan,” jelas Hasan.
Rakyat atau konstituen lanjut Hasan tidak harus dipersalahkan. Sebab setiap pesta demokrasi itu sangat identik dengan pragmatis. Hasan tak banyak memberi argumen ketika disodorkan pertanyaan tentang eksistensi PKS kedepan. “Saya belum mau berspekulasi apakah PKS kedepan ketambahan kursi atau sebaliknya,” ujarnya. (yan)

About uman