Home » Banggai Laut » Ekbang Siapkan Lahan Pasar Berstatus Sengketa
Ekbang Siapkan Lahan Pasar Berstatus Sengketa
Diduga akibat musim penghujan dan perencanaan lokasi yang tidak MATANG, penimbunan Pasar Lokotoy terhambat.

Ekbang Siapkan Lahan Pasar Berstatus Sengketa

BANGGAI – Proyek penimbunan pasar di Desa Lokotoy, Kecamatan Banggai Utara diperkirakan bakal melewati masa kontrak. Aparatur Desa setempat menilai kontraktor pelaksana terkesan tidak siap mengelola pekerjaan yang dibebankan.
“Mereka sudah cukup lama tidak kerja. Padahal penimbunannya masih terbengkalai,” keluh Sekretaris Desa Lokotoy, Syuhurin M. Sair, Sabtu (6/8) pekan lalu.
Sementara itu, Pelaksana Proyek, Didi menepis kekhawatiran tersebut. Menurutnya, masa pelaksanaan pekerjaan baru akan berakhir 30 Agustus nanti. “Sekarang sudah mulai penimbunan. Saya yakin pekerjaan selesai tepat waktu,” kata Didi saat dihubungi, Rabu (10/8),
Terkait penimbunan yang sempat tersendat, Didi menjelaskan, lokasi bakal pasar itu, ternyata masih dalam sengketa. “Saya tidak berani kerja dan harus berkonsultasi dulu dengan pihak terkait termasuk Sekdes,” jelasnya.
Pekerjaan tersebut, lanjut Didi, baru bisa dimulai dua pekan kemudian setelah pengawas pekerjaan membuat pengukuran baru di dekat lokasi pertama. “Giliran mau kerja, sudah datang musim hujan. Tanah berlumpur sehingga mobil tidak bisa masuk. Nanti sekarang mulai panas dan kami sudah mulai kerja lagi,” tutur Didi panjang lebar.
Meski menjamin pekerjaannya dapat diselesaikan, Didi mengaku, tidak puas dengan kinerja Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Banggai Laut selaku pengguna anggaran.
Didi menilai, Bagian Ekbang tak tuntas menyiapkan lahan, termasuk melakukan survey. “Buktinya lahan yang ditunjuk ternyata masih dalam sengketa,” tegasnya. (Sbt)

About uman