Home » Banggai Kepulauan » Delmard-Najib Penuhi Syarat Dukungan
Delmard-Najib Penuhi Syarat Dukungan
Pasangan bakal calon independen pada Pilkada Bangkep tahun 2017, Delmard Siako dan Najib Bangunan saat mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum, Rabu (10/8).

Delmard-Najib Penuhi Syarat Dukungan

SALAKAN — Didampingi ratusan simpatisan ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banggai Kepulauan (Bangkep), Delmard Siako dan H. Najid Bangunan akhirnya mendaftarkan diri sebagai bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati dari jalur independen pada Pilkada 2017 mendatang, Rabu (10/8).
Usai prosesi penerimaan yang ditangani langsung oleh Ketua KPU Bangkep, Tamin SPd Msi, Delmard dan Najib menyerahkan secara simbolis dokumen persyaratan pencalonan berupa formulir isian B1.KWK beserta lampiran syarat dukungan KTP (syarat calon independen,Red).
Pada kesempatan itu Delmard menyatakan, dukungan KTP yang diserahkannya berjumlah 13.728. Dengan dukungan sebanyak itu maka paket kandidat tersebut berhasil mengoleksi dukungan melebihi syarat minimal yang diatur dalam Undang-undang, yakni 7.701 KTP atau 10 persen dari DPT Pilkada Bangkep.
Dia berharap, tim verifikasi KPU yang nantinya mengkaji berkas syarat pencalonan bekerja profesional. Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Bangkep, Tamin menegaskan akan bekerja sebaik mungkin.
Di hari yang sama, pasangan calon independen yang telah lebih dulu mendaftarkan diri pada, Senin (8/8) kembali mendatangi markas KPU guna menyerahkan persyaratan hasil perbaikan yang telah dikoreksi oleh tim verifikasi. Mereka tidak lain adalah  Nori K Bilalu-Sabarudin Salatun. Hal itu diakibatkan terjadinya kekurangan berkas persyaratan diantaranya, yakni dukungan KTP.
Namun, kabar berbeda justru datang dari kubu Kamran Haya dan Herliklius Toiyo. Hingga batas akhir pendaftaran di tutup pada pukul 16.00 Wita, Rabu kemarin pasangan tersebut tak kunjung datang. Padahal sebelumnya tim sukses pasangan tersebut telah mengkonfirmasikan rencana pendaftaran kandidatnya dihari terakhir dibukanya pendaftaran calon independen.
Diinformasikan, dari hasil kajian tim verifikasi yang dikawal sejumlah stake holder terkait ditambah beberapa komisioner Panwaslu Bangkep, KPU akhirnya mengumumkan bahwa berkas pencalonan Delmard-Najib telah memenuhi syarat dukungan minimal.(wan)

About uman