Home » Politik » Usung Irianto-Hesmon, Koalisi Nasdem Kemana?
Usung Irianto-Hesmon, Koalisi Nasdem Kemana?
Ketua DPD Nasdem Bangkep, Rudy Pakaya bersama bakal calon Bupati Bangkep, Irianto Malingong (jas biru).

Usung Irianto-Hesmon, Koalisi Nasdem Kemana?

LUWUK — DPD Nasdem Banggai Kepulauan (Bangkep) telah resmi mengusung pasangan Irianto Malingong dan Hesmon Pandili sebagai calon kontestan Pilkada serentak tahun 2017 mendatang.
Meski begitu, sejumlah pihak masih meragukan lolos tidaknya duet kandidat politikus Partai Amanat Nasional (PAN) dan Nasdem itu berlaga di pentas demokrasi akbar tersebut. Pasalnya, hingga kini klaim Ketua Nasdem Bangkep, Rudy Pakaya bahwa partainya bakal berkoalisi dengan PDIP, Demokrat dan PPP belum terlihat tanda-tandanya.
Hal itu mengingat syarat usungan kandidat minimal didukung oleh 5 kursi parpol yang duduk di DPRD Bangkep, atau 20 persen dari total kursi yang ada. Sedangkan Nasdem, diketahui hanya mengoleksi 2 kursi sehingga wajib berkoalisi.
Sayangnya, saat dikonfirmasi melalui via telepon, Senin (8/8) malam lalu Rudy tak kunjung menerima panggilan wartawan koran ini.
Sebelumnya, Rudy memastikan Nasdem tak akan sendirian mengusung Irianto-Hesmon di Pilkada serentak gelombang ke dua nanti. Alasannya, sikap PDIP, Demokrat dan PPP sudah jelas akan mengeluarkan rekomendasi sama. Namun, keterangan berbeda justru diungkapkan Ketua DPC PDIP Bangkep, Israfil Malingong belum lama ini. Bahwa partainya belum mengeluarkan rekomendasi terhadap kandidat manapun.
“Masih menunggu proses di DPP,” jelas Israfil.
Klaim Rudy juga sempat dibantah oleh Ketua DPC Gerindra Bangkep, Hery Ludong. Tak berbeda dengan pengakuan Israfil, Hery bahkan juga ikut mengklaim bahwa rekomendasi PDIP akan mengarah padanya selaku salah satu bakal calon bupati Bangkep periode mendatang.(tr-53)

About uman