Home » Metro Luwuk » Pertahankan Lahan Hingga “Darah” Terakhir
Pertahankan Lahan Hingga “Darah” Terakhir
Warga yang berdomisili di kawasan Tanjung Kelurahan Karaton Kecamatan Luwuk ini menentang eksekusi. Mereka berjanji akan mempertahankan lahan hingga titik darah penghabisan.

Pertahankan Lahan Hingga “Darah” Terakhir

LUWUK– Sebanyak 248 kepala keluarga (KK) yang tinggal di lahan sengeketa kawasan Tanjung Sari Kelurahan Karaton Kecamatan Luwuk sepakat untuk tidak akan bergeser sejengkalpun sekalipun akan dieksekusi. Bahkan mereka menegaskan untuk mempertahankan lahan tersebut hingga titik darah terakhir. Komitmen itu disampaikan sejumlah warga yang ditemui Luwuk Post, Selasa (9/8) kemarin. “Ini lahan kami. Sudah pasti akan kami pertahankan sampai titik darah penghabisan,” ujar mereka.
Selain sudah menjadi harga mati untuk mempertahankan lahan yang sudah berpuluh-puluh tahun ditempati, para warga pada kesempatan itu sekaligus mengklarifikasi isyu yang dinilai sesat yang berhembus di publik.
Dikatakan warga, tidak pernah merasa dimintai dana oleh pihak tertentu. Malah sebaliknya kata warga lewat pernyataan sikap mereka, kami sangat berterima kasih atas advokasi yang dilakukan salah satu LSM. Sekalipun ada dana yang diberikan, itupun didasarkan pada keihklasan warga. Malah pemberian itu kata warga belum sebanding dengan bentuk pembelaan yang diberikan kepada warga Tanjung.
Masih dengan penuturan warga, kepada pihak LSM yang selama ini mengawal sekaligus membela kepentingan warga Tanjung, untuk tidak berkecil hati atas isu menyesatkan tersebut. “Tetaplah berbesar hati untuk membela hak-hak kami sebagai orang kecil. Karena kebenaran itu sekalipun ditempat yang gelap, pasti akan memberikan cahaya,” tulis warga lewat pernyataan sikap mereka.
Lahan di kawasan Tanjung masih berpolemik. Akibatnya rencana eksekusi menjadi tertunda. Warga punya alasan sehingga menolak kebijakan eksekusi. Sebab lahan yang akan dieksekusi tidaklah seluas 6 hektar, melainkan hanya dua titik, yakni 26,50 meter x 22 meter serta 13,35 meter x 6,70 meter. (yan)

About uman