Home » Banggai Laut » Panen Cengkih Tidak Merata
Panen Cengkih Tidak Merata
Memudahkan proses pengeringan, warga manfaatkan bahu jalan sebagai tempat pengeringan seperti yang terlihat di Desa Paisumosoni, Kecamatan Banggai Utara, Senin (9/8).

Panen Cengkih Tidak Merata

BANGGAI – Masa panen cengkih di Kabupaten Banggai Laut sudah dimulai. Namun, tidak merata di semua wilayah. Perbedaan tersebut memang terjadi hampir setiap tahunnya.
Di Kecamatan Banggai Utara misalnya, pantauan koran ini aktivitas penjemuran sudah terlihat. Namun, untuk Kecamatan Banggai Banggai Tengah dan Banggai Selatan justru belum memulai masa panen.
Puluhan buruh pemetik cengkih sudah berdatangan di Kecamatan Banggai Utara, bahu jalan pun penuh sesak karena digunakan untuk proses pengeringan.
Salah seorang petani cengkih di Desa Paisumosoni, Kecamatan Banggai Utara, Parlin, menuturkan, di tempat berdomisilinya tersebut telah memasuki masa panen sejak pertengahan Juli lalu. Sehingga diperkirakan akan berakhir pada akhir September. “Dari pertengahan Juli (panen Cengkih, Red). Kira-kira nanti September ini baru selesai,” terang Parlin.
Alumnus Universitas Veteran Makassar ini mengaku, tidak begitu khawatir dengan lokasi penjemuran. Selain memanfaatkan bahu jalan dan pekarangan depan rumahnya yang cukup luas, saat ini Parlin tengah menguji coba mesin pengering yang dirancangnya sendiri.  “Mesinnya masih uji coba makanya ada jemur juga di halaman. Cuma harus dijaga agar tidak  kehujanan,” jelasnya. (sbt)

About uman