Home » Politik » Diharapkan Segera Tuntas
Diharapkan Segera Tuntas
Sejumlah pejabat dari SKPD yang berkaitan dengan perda bangunan gedung saat mengikuti seminar akhir di Hotel Rosalina Luwuk, Selasa (9/8).

Diharapkan Segera Tuntas

LUWUK-Peraturan daerah (Perda) terkait Bangunan Gedung diharapkan bisa segera dibahas DPRD Banggai untuk menjadi sebuah acuan dalam mengatur pertumbuhan gedung di kabupaten Banggai. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Sulawesi Tengah, Imelda Mua mengatakan mendasari  Undang-undang nomor 28 tahun 2002 tentang banguna gedung dan diperjelas lagi dalam PP 36 tahun 2005, setiap kabupaten/kota sudah harus memiliki perda terkait bangunan gedung. “Kita harapkan perda ini segera ditetapkan di kabupaten Banggai, karena ini sudah kita fasilitasi sejak tahun 2006 lalu,” pungkasnya di sela-sela seminar akhir penyusunan perda bangunan gedung di Hotel Rosalina Luwuk, Selasa (9/8).
Ia menuturkan sejatinya dengan range waktu yang begitu lama, kemarin agenda yang dilakukan bukan lagi berdebat soal isi dari perda. Tapi sudah fokus pada sosialisasi penerapan perda yang dapat menguntungkan daerah dari sisi pengaturan bangunan gedung. “Hari ini seharusnya pembahasan kita sudah masuk pada agenda pembahasan dewan tapi mungkin pemda Banggai merasa itu belum penting,” tuturnya.
Padahal, sesuai instruksi pemerintah pusat, tahun ini perda itu sudah harus diberlakukan. Sehingganya, Badan Legislasi (Baleg) diharapkan bisa segera menjadwalkan agenda pembahasan raperda yang telah masuk dalam catatan program legislasi daerah tersebut. Sebab, dengan perda bangunan gedung, pemerintah lebih memiliki power dalam menertibkan bangunan liar atau yang tidak memiliki ijin. “Perda IMB itu lebih fokus pada retribusi daerah dari pendirian suatu bangunan, tapi perda bangunan gedung lebih spesifik pada pendirian bangunan mulai dari penetapan kawasan hingga ijin dan penertibannya,” terang Imelda.
Ia juga menjelaskan dari sejumlah kabupaten/kota di Sulawesi Tengah, tinggal empat kabupaten yang belum memiliki perda bangunan gedung yakni, kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut dan Morowali Utara dan kini tengah digenjot untuk segera terselesaikan.(van)

About uman