Home » Banggai Laut » Pernikahan Usia Dini Jadi Fokus Penyuluhan
Pernikahan Usia Dini Jadi Fokus Penyuluhan
Syuhurin M. Sair

Pernikahan Usia Dini Jadi Fokus Penyuluhan

BANGGAI –  Masa kerja praktek 86 calon Bidan dari Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan RI Palu, Sulawesi Tengah di beberapa Kecamatan di Banggai Laut hampir tuntas. Direncanakan, pelepasan secara resmi oleh pemerintah Kabupaten Banggai Laut akan dilaksanakan pada 12 Agustus.
Hal itu disampaikan Sekretaris Desa Lokotoy, Kecamatan Banggai Utara, Syuhurin M. Sair, Minggu (7/8). Di wilayah tersebut, terdapat 15 calon bidan yang bertugas sejak sebulan lalu.
Ketua posko, Agnes Margarita, mengatakan sangat terkesan dengan pelayanan pemerintah desa setempat, sehingga program-program yang dilaksanakan, berjalan lancar dan mendapat apresiasi warga. “Kami sangat terbantu. Terutama dukungan Pak Sekdes yang sangat proaktif dan penuh perhatian,” ujarnya.
Bendahara posko, Norayana A. Touka  menjelaskan, di Lokotoy mereka menggagas empat program utama khususnya bagi peningkatan pemahaman kesehatan ibu dan anak serta hal-hal seputar sistem reproduksi.  “Kami juga buat penyuluhan ke sekolah-sekolah terkait penanggulangan narkoba. Untuk hal ini kami didukung pihak kepolisian setempat,” jelasnya.
Salah satu yang menarikk perhatian pada diskusi-diskusi kelompok, Norayana mengaku, pihaknya menemukan pula kecenderungan warga yang menikah di usia muda.
Masalah pernikahan dini, lanjut Norayana, jadi salah satu fokus penyuluhan sebab pasangan muda yang biasanya minim pengetahuan, adalah kelompok yang rentan terhadap masalah-masalah reproduksi. “Mudah-mudahan apa yang kami lakukan di sini bisa bermanfaat bagi warga,” tutupnya. (Sbt)

About uman