Home » Berita Utama » Kodim Tangkap 4 Truk Kayu Ilegal
Kodim Tangkap 4 Truk Kayu Ilegal
Tiga dari empat truk yang berhasil diamankan anggota TNI saat diperiksa, Minggu (7/8) di Markas Kodim 1308/LB.

Kodim Tangkap 4 Truk Kayu Ilegal

LUWUK– Aktivitas pembalakan kayu di daerah ini sulit dihilangkan dari kabupaten Banggai. Buktinya, dari tahun ke tahun penangkapan kayu ilegal terus terjadi, namun efek jera belum juga terlihat. Padahal, pelakunya nyaris itu-itu saja.
Melihat potensi hutan yang kian habis, Kodim 1308 LB tak tinggal diam. Berdasarkan Inpres Nomor 4 tahun 2005 tentang pemberantasan penebangan kayu secara ilegal di kawasan hutan dan peredarannya di seluruh wilayah Republik Indonesia, pada bagian kedua point 5, Kodim akhirnya turun tangan.
Setelah mengamankan dua truk bermuatan kayu yang diduga ilegal dan telah diserahkan ke Dinas Kehutanan Kabupaten Banggai untuk diproses. Kodim 1308 L/B  kembali mengamankan tiga truk bermuatan kayu yang diduga ilegal, Sabtu (6/8) malam.
Ketiga truk dengan muatan kayu ilegal itu diamankan Kodim 1308 L/B melalui operasi Garnizum yang dipimpin Dandim 1308 L/B Letkol Sapto Irianto,   setelah mendapatkan laporan dari masyarakat terkait aktivitas ilegal logging di Desa Siuna, Kecamatan  Bualemo.
“Saat ini tiga truk disita dan akan ditindaklanjuti dengan koordinasi ke Polhut untuk penyelidikan selanjutnya,” kata Sapto Irianto, Minggu (7/8).
Sapto menjelaskan, sejatinya ada sekira empat truk  yang berhasil diamankan aparat TNI, hanya saja satu truk lolos dari pantauan anggota TNI karena potong kompas melalui jalur lain menuju Desa Baya saat digiring ke markas Kodim.
Anggota TNI akhirnya hanya mengamankan tiga truk yang kini sudah terparkir di samping Makodim 1308/LB. Ketiga truk tersebut masing-masing bernomor polisi DN 8485 RA, DN 8492 RA dan L 9021 UH, semuanya berwarna kuning.
Dari informasi yang berhasil dihimpun, kayu-kayu tersebut milik tiga orang, yakni Iwan, Apung dan Opan. Kayu-kayu itu merupakan hasil olahan dari Desa Siuna dan sekitarnya yang akan dibawa ke Pelabuhan Luwuk untuk dikirim ke luar daerah. Hanya saja, dalam pengangkutannya keburu diketahui anggota TNI. (van)

About uman