Home » Banggai Kepulauan » Pembahasan Tuntas, Anggaran Pilkada Tunggu Pengesahan
Pembahasan Tuntas, Anggaran Pilkada Tunggu Pengesahan
Muh Risal Arwie

Pembahasan Tuntas, Anggaran Pilkada Tunggu Pengesahan

SALAKAN—Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bangkep akhirnya menyelesaikan pembahasan perumusan drafting perubahan dana Pilkada serentak tahun 2017 mendatang. Hal itu bertujuan untuk menyesuaikan anggaran Pilkada yang nantinya dikelola oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkep beserta perangkat penyelenggara lainnya. Kendati begitu, hingga Selasa (2/8) kemarin DPRD Bangkep tak kunjung mengesahkan anggaran tersebut.
Ketua DPRD Bangkep, Muh Risal Arwie membenarkan pihaknya telah menuntaskan draf penyesuaian anggaran. Namun, terkait jadwal pengesahannya, Risal mengaku belum dapat memastikannya. Ia hanya menegaskan bahwa agenda tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat.
“Belum bisa disimpulkan waktunya kapan, yang pasti dalam waktu dekat akan dilaksanakan,” tegas Risal, Selasa (2/8).
Diketahui, keseluruhan anggaran berjumlah Rp 40 miliar yang kemudian diperuntukan untuk biaya operasional kegiatan Pilkada Bangkep berdasarkan tahapan yang diatur dalam PKPU. Anggaran tersebut juga akan digunakan oleh empat lembaga berbeda masing-masing KPU (teknis pelaksanaan pemilukada,red), Panwaslu (pengawasan) ditambah Polres dan TNI (pengamanan).
Dalam postur APBD Bangkep tahun 2016 tak semua kebutuhan anggaran suksesi Pilkada terakomodir sebagaimana permohonan KPU (Komisi Pemilihan Umum). Dari rasional anggaran yang dibutuhkan KPU sebesar Rp 24 miliar, hanya Rp 7 miliar saja masuk dalam APBD Bangkep. Sementara anggaran untuk Panwaslu, TNI dan Polri tidak tersedia.
Mengingat hal tersebut menjadi kewajiban pemerintah daerah, karena itu eksekutif dan legislatif bersepakat guna mencari sumber anggaran dengan cara mengurangi baget anggaran dari masing-masing SKPD. (wan)

About uman