Home » Berita Utama » Mayoritas Desa Dipimpin Plt
Mayoritas Desa Dipimpin Plt
Ibrahim Darise

Mayoritas Desa Dipimpin Plt

LUWUK—Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai harus segera melaksanakan pemilihan kepala desa secara serentak bagi desa yang jabatan kepala desanya telah berakhir. Pasalnya, jika tidak segera dilaksanakan, maka mayoritas desa di daerah ini hanya dipimpin seorang pelaksana tugas (Plt).
Anggota DPRD Kabupaten Banggai Ibrahim Darise mengatakan, tidak ada alasan bagi pemerintah daerah untuk tidak melaksanakan Pilkades secara serentak. Sebab, perintah untuk melaksanakan Pilkades serentak sudah disampaikan sejak lama. “Harusnya persiapannya sudah matang, dan ini memang harus dilaksanakan segera,” katanya.
Ibrahim mengatakan, jika dituntaskan tahun ini, maka untuk selanjutnya Kabupaten Banggai tidak perlu lagi terbebani dengan penyediaan anggaran untuk urusan pemilihan. Sebab, pemilihan yang melibatkan masyarakat baru akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang yakni Pileg dan Pilpres. “Tuntaskan segera tahun ini, agar selanjutnya kita sudah tidak lagi terbebani. Nanti 2019 baru ada lagi momentum pemilihan,” katanya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa, BPMPD Kabupaten Banggai, Andi Nur Syamsi yang dikonfirmasi mengenai hal itu menjelaskan, saat ini persiapan Pilkades serentak sudah hampir rampung dan tinggal menunggu fasilitasi biro hukum Pemprov Sulteng untuk penerbitan Perbup terkait pelaksanaan Pilkades serentak. “Perda sudah selesai, sekarang tinggal menyusun Perbup, dan sedang menunggu fasilitasi dari biro hukum provinsi,” katanya, kemarin.
Syamsi menjelaskan, dibutuhkan alokasi anggaran sekira Rp 6 miliar untuk pelaksanaan Pilkades serentak. Mengenai anggaran itu kata dia, sudah dibahas bersama Kepala Dinas Keuangan, Kepala Bappeda dan Sekkab Banggai. “Kalau dananya sudah dibahas, dan insya Allah bisa disediakan,” katanya.
Disebutkan, hingga Juni, sebanyak 175 desa di Kabupaten Banggai kepemimpinannya berstatus Plt. Dan jika sampai dengan Desember 2016, maka jumlahnya menjadi 199 desa yang akan dipimpin oleh seorang Plt kepala desa. (far)

About uman