Home » Banggai Laut » Rekruitmen Pol-PP Balut Ilegal
Rekruitmen Pol-PP Balut Ilegal
Rekruitmen anggota Pol-PP diduga langgar aturan. Nampak sejumlah personil Pol-PP baru yang sedang dalam pelatihan.

Rekruitmen Pol-PP Balut Ilegal

BANGGAI–Rekruitmen anggota baru Satuan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) Kabupaten Balut dinilai ilegal, karena rekruitmen itu tak dilandasi dengan ketentuan aturan perundang-undagan yang berlaku.
Muhsin U. Salim  menyatakan, proses rekruitmen calon penegak Perda itu telah menyalahi ketentuan  penjelasan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 6 tahun 2010 yang menyebutkan bahwa keanggotaan Pol-PP diangkat dari unsur Pegawai Negeri Sipil.
“Lihat pasal 16 di PP nomor 6 tahun 2010,” tandasnya.
Sesuai dengan PP tersebut rekruitmen anggota baru yang saat ini dalam penggodokan adalah personil umum yang lulus test terbuka penerimaan.
“Artinya anggota baru tersebut mungkin tidak dalam status sebagai PNS seperti yang disyaratkan dalam PP itu. Dari sisi ini maka bisa dikatakan status keanggotaan baru ini tidak syah dan melanggar regulasi,” jelasnya.
Dia menyarankan agar instansi tersebut mengkaji kembali tahapan yang telah dijalani dan melakukan perbaikan sebelum jadi permasalahan serius.
“Harus disikapi serius, jika tidak maka semua biaya dan penghonoran mereka nantinya tidak punya dasar hukum yang kuat,” tandasnya. (Sbt)

About uman