Home » Berita Utama » Penetapan Tersangka Ditunda
Penetapan Tersangka Ditunda
Wiratno Apit

Penetapan Tersangka Ditunda

LUWUK-Proses penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi pada penyusunan master plan dan studi kelayakan pengembangan pesisir pantai Bubung-Simpong, sejatinya telah memasuki tahapan penetapan tersangka. Namun, tahapan itu ditunda menyusul gelar perkara yang batal dilaksanakan pekan lalu di Polda Palu, Sulawesi Tengah.
Humas Polres Banggai, Iptu Wiratno Apit mengungkapkan,  informasi yang disampaikan bagian reserse kriminal Polres Banggai, penyidik sudah siap menetapkan tersangka. “Penyidik sudah ke Palu untuk gelar perkara di Ditreskrimsus Polda, hanya saja yang mau ditemui tidak ada karena tugas luar ke Jakarta,” tuturnya, akhir pekan lalu.
Ia menjelaskan, setelah gelar perkara barulah jelas siapa saja yang masuk dalam status tersangka. Untuk itu, dalam waktu dekat penyidik akan kembali menjadwalkan gelar perkara, namun tetap menunggu kesiapan dari Polda.
Terpisah, Kasat Reskrim Polres Banggai, Karel A Paeh, menegaskan proses penyidikan telah memasuki penetapan tersangka. Ia mengaku berkas pemeriksaan sudah dianggap cukup, hanya saja gelar perkara tetap harus dilakukan. “Yang pasti tidak lama lagi sudah penetapan tersangka,” tegasnya.
Diketahui, kasus dugaan tipikor penyusunan master plan dan studi kelayakan pengembangan pesisir pantai segmen Bubung-Simpong mengemuka lantaran adanya pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulteng atas LKPD tahun 2014. Dari hasil pemeriksaan itu BPK menyorot adanya indikasi tender yang diarahkan oleh ULP, dan adanya indikasi copy paste dalam penyusunan empat dokumen di dua segmen tersebut. (van)

About uman