Home » Metro Luwuk » Hari Ini, Penyidik Panggil 3 Saksi
Hari Ini, Penyidik Panggil 3 Saksi
Chandra

Hari Ini, Penyidik Panggil 3 Saksi

LUWUK-Tindaklanjut atas temuan narkoba di Lapas oleh sejumlah sipir terus dilakukan pengembangan oleh penyidik Satuan Narkoba Polres Banggai. Hari ini, Senin (1/8) penyidik tiga orang saksi dari warga binaan akan dipanggil untuk memberikan keterangan. Kasat Narkoba, Iptu Chandra mengungkapkan pihaknya memanggil ketiga orang itu karena ingin mendapatkan keterangan pasti dari napi yang tertangkap tangan tengah membawa narkoba. “Sampai saat ini belum ada penetapan tersangka, semua masih berstatus saksi. Karena kita masih mempelajari kasus ini,” kata Chandra, akhir pekan lalu.
Ia menjelaskan dari keterangan sipir narkoba itu dibawa dari dalam ke pintu depan untuk diserahkan ke orang lain. Namun, keburu ketahuan sipir, kemudian diamankan dan dilaporkan ke polisi. Ketiga napi yang dipanggil untuk memberikan keterangan ialah SS, yang tertangkap tangan membawa barang haram itu. Kemudian, IK dan ST, ketiga napi ini menjadi saksi kunci bagaimana peredaran narkoba di dalam lembaga pemasyarakatan Luwuk. “Selain tiga saksi dari napi, kita juga sudah mengirimkan panggilan untuk Pak Iksan sebagai pejabat Lapas,” terang Chandra.
Dari keterangan awal, SS mengaku dirinya hanya diperintahkan rekannya untuk membawa barang itu ke depan. Ia mengaku tidak tahu menahu dengan apa yang dibawanya, meski begitu keterangan awal tersebut masih akan dipelajari penyidik untuk menentukan penetapan tersangka. Chandra juga mengaku masih akan mengirimkan sampel barang bukti ke laboratorium forensik di Makassar untuk memastikan barang bukti yang disita penyidik adalah sabu-sabu atau bukan.
Temuan narkoba di Lapas bukan kali pertama, meski begitu Kepala Lapas, JFK Johanes beberapa waktu lalu mengaku pihaknya sangat serius ingin menghilangkan presepsi masyarakat terkait adanya pendistribusian narkoba dari Lapas. Meski begitu, minimnya personil dan perlengkapan membuat pihaknya mengalami kendala. Akan tetapi, pembenahan it uterus dilakukan. Itu dibuktikan dengan setiap ada temuan benda mencurigakan seperti narkoba langsung ditindaklanjuti dengan laporan ke polisi.(van)

About uman