Home » Politik » Awas! Jebakan Batman di PP Nomor 18
Awas! Jebakan Batman di PP Nomor 18
Djufri Diko

Awas! Jebakan Batman di PP Nomor 18

LUWUK-Lahirnya Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah sebagai bentuk tindaklanjut dari Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah ternyata harus segera disikapi, jika pemerintah tidak ingin kena jebakan ‘batman’. Anggota Komisi 3 DPRD Banggai, Moh Djufri R Diko mengungkapkan dengan lahirnya PP nomor 18 tahun 2016 maka pemerintah daerah harus segera melakukan penyesuaian Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Meski begitu, perubahan strukutr SKPD juga harus diikuti dengan perubahan peraturan daerah yang ada.
“Karena kalau Perdanya tidak diubah, maka bagaimana nanti pada proses penggunaan anggarannya? Nah, itu yang harus disikapi,” tuturnya, akhir pekan lalu.
Sekretaris DPD PAN Banggai itu menyebutkan yang menjadi kendala ialah perubahan peraturan daerah (Perda) terkait perangkat daerah untuk tahun ini tidak masuk dalam rencana kerja legislasi daerah. Sementara, pemenuhan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 dan PP nomor 18 tahun 2016 sudah harus berjalan di bulan Oktober 2016. “Perda pembentukan harus digarap cepat oleh eksekutif dan Baleg, kalau tidak itu akan membahayakan,” pungkasnya.
Sebab, perubahan Perda itu perlu dilaksanakan untuk dapat mengatur porsi anggaran yang ada. Sebab, dalam aturan baru yang hanya membolehkan 32 SKPD dalam satu kabupaten tentunya akan mengubah rencana porsi anggaran yang ada di lingkungan pemerintah kabupaten Banggai. Jika peraturan daerah tidak diubah, tentunya pembagian anggaran akan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) nantinya.(van)

About uman