Home » Metro Luwuk » LARA Banggai Terima 36 Aduan
LARA Banggai Terima 36 Aduan
Ancu

LARA Banggai Terima 36 Aduan

LUWUK-Pungutan liar (Pungli) yang diterapkan oleh beberapa sekolah di Kabupaten Banggai tampaknya mulai meresahkan masyarakat. Hal itu tergambar dari banyaknya aduan yang diterima oleh beberapa Lembaga Suadaya Masyarakat (LSM), khususnya Lingkar Gerakan Rakyat (LARA) Banggai.
“Sejauh ini kami sudah mengumpulkan sebanyak 36 aduan masyarakat, terkait sekolah-sekolah yang melakukan praktek Pungli kepada siswa. Pungli itu diterapkan melalui pembelian baju seragam dan pembayaran ijazah,” ungkap Ketua Lara Banggai, Ancu, Kamis (28/7).
Menurutnya, maraknya persoalan Pungli saat ini merupakan kegagalan program 100 hari Pemerintah Daerah di sektor pendidikan. Tidak adanya langkah tegas instansi terkait, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), untuk memberikan sanksi tegas kepada sekolah-sekolah yang terbukti melakukan Pungli, merupakan tolok ukur penilaian masyarakat terhadap kinerja SKPD tersebut.
“Jika Disdikbud itu tegas, persoalan pungli pasti tidak akan terjadi,” jelas salah satu mahasiswa Universitas Tompotika (Untika) Luwuk ini singkat.
Terkait persoalan tersebut, LSM ini meminta Bupati Banggai, Herwin Yatim, segera melakukan evaluasi terhadapa Disdikbud yang terkesan memberikan ruang kepada oknum sekolah untuk melakukan pungli.
“Kami meminta bupati segera melakukan evaluasi kepada Disdikbud. Terbukti kinerja Disdikbud saat ini tidak dapat menjangkau persoalan-persoalan pungli, padahal persoalan tersebut telah banyak termuat disetiap media informasi, seperti media sosial dan media massa,” pungkasnya. (and)

About uman