Home » Luwuk Utara-Timur » Kawasan Wisata Kilolima akan Dihijaukan
Kawasan Wisata Kilolima akan Dihijaukan
Sisa bangunan eks kafe remang-remang di sekitar wisata Kiloloma telah dibersihkan, belum ada rencana pembangunan RTH. Yang ada hanyalah hutan kota.

Kawasan Wisata Kilolima akan Dihijaukan

LUWUK SELATAN-Dinas Perumahan Tata Ruang (Dispetarung) hingga saat ini belum merencanakan pengembangan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di lahan bekas berdirinya puluhan kafe di kawasan wisata pantai kilolima, Kelurahan Maahas.
Kepala Bidang Tataruang Dinas Pertarung Cristian Legoh menyatakan,  pihaknya siap membangun RTH di lokasi tersebut, bila lahan tersebut telah dibebaskan pemerintah daerah.
“Yang pertama harus diperhatikan hak diatasnya, kalau tanah tersebut ada yang punya harus dibebaskan,” jelasnya.
Ia juga meminta bagian hukum untuk mengkaji lebih dalam agar lahan tersebut tidak bermasalah. “Banyak contoh daerah lain RTH ada kemudian digugat,” tambahnya.
Sementara itu Kepala Bagian Pertanahan Setda Banggai, Moh Arif yang dikonfirmasi juga belum mengetahui rencana pembangunan RTH.
“Yang ada hanyalah pembangunan hutan kota mulai dari sekitar wisata kilolima hingga kawasan halimun. Hutan kota sudah hampir sama dengan RTH cuma beda klafisikasi, karena persyaratan setiap kota itu 30 persen harus dihijaukan,” tuturnya. (Ajy)

About uman