Home » Berita Utama » Dandim Siap Luruskan Kasus Pupuk
Dandim Siap Luruskan Kasus Pupuk
Letkol Inf Sapto Irianto

Dandim Siap Luruskan Kasus Pupuk

“Jangan menjadi pengkhianat bangsa dengan menyalahgunakan pupuk bersubsidi,”  (Letkol Inf Sapto Irianto)

LUWUK-Persoalan temuan anggota Kodim 1308/LB atas dugaan penyimpangan dalam pendistribusian pupuk subsidi di Kecamatan Toili belum selesai. Dandim 1308/LB Letkol Inf Sapto Irianto menegaskan masih akan menyikapi persoalan tersebut. Terkait hal ini Kodim memang memiliki alasan yang kuat. Sebab, pendistribusian pupuk tidak dilakukan sesuai peruntukkannya. “Ini pupuk subsidi harus sampai ke petani, jangan sampai disalahgunakan oleh pihak-pihak yang hanya mengambil keuntungan semata. Pokoknya, semua yang gak jelas insya Allah akan saya luruskan. Soal kayu, pupuk, benih, dan BBM. Siapapun saya lawan,” tegasnya.
Sebagai pihak yang mendapatkan tugas dalam pengawasan swasembada pangan, pihaknya akan selalu mengawasi dan memonitor distribusi pupuk subsidi ke petani. Ia menegaskan, siapapun yang menyalahgunakan pupuk subsidi dipastikan akan berhadapan dengan Kodim. Meski begitu, Ia mengaku akan tetap bekerjasama dengan pihak terkait seperti instansi yang berkaitan di lingkungan Pemda Banggai dan kepolisian, serta bagian pengawasan pupuk yang sudah ada. “Harus ada niat baik dari semua pihak untuk membersihkan distribusi pupuk dari pihak yang hanya mencari keuntungan pribadi pada subsidi pemerintah.  Jangan kita menjadi pengkhianat bangsa ini dengan menyalahgunakan pupuk bersubsidi,” tandasnya.
Terkait temuan pupuk yang masih diamankan Kodim, kata Dandim, masih dalam proses hukum. Sebab, Kodim telah memiliki alasan tersendiri bahwa pendistribusian itu dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan yang ada. Dimana hak-hak petani terkait pupuk subsidi ternyata dialihkan ke perkebunan.(van)

About uman