Home » Politik » 40 Persen Kader PAN Telah Siap
40 Persen Kader PAN Telah Siap
Ibrahim Darise

40 Persen Kader PAN Telah Siap

LUWUK—Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Banggai, Ibrahim Darise optimistis di pemilu legislatif (Pileg) 2019 nanti partainya tak akan kekurangan kuota caleg (calon legislatif,red). Ibrahim bahkan mengklaim, saat ini PAN memiliki 30 sampai 40 persen kader yang telah siap bertarung merebut kursi parlemen.
“Dari dulu-dulu PAN tidak pernah kekurangan kuota Caleg sebagaimana yang ditetapkan dalam Undang-undang. Kami tidak akan krisis kader,” tegas Ibrahim, Selasa (26/7).
Selain pemain lama yang belum beruntung, 40 persen tersebut diantaranya adalah kader PAN yang kini terpilih duduk di DPRD Banggai, termasuk dirinya. Untuk mencapai angka 100 persen, aleg komisi II ini bersama sejumlah pengurus PAN berencana menggelar rapat untuk merumuskan strategi. Sebab diakuinya, merekrut Caleg bukanlah perkara mudah.
“Perekrutan Caleg menjadi salah satu faktor urgen lolos atau tidaknya figur menduduki kursi dewan. Kami tidak mau asal main tunjuk, banyak faktor yang harus dipertimbangkan diantaranya, apakah Caleg terkait disukai oleh masyarakat di dapilnya, memiliki kompetensi, serta kekuatan finansial dan sebagainya,” jelas Ide, begitu sapaan akrabnya.
Namun, mengenai finasial, Ibrahim menyatakan bahwa PAN akan membiasakan kadernya untuk mandiri. “Kalah atau menang tak akan dapat dihindari oleh para Caleg PAN kedepan. Untuk itu kami juga akan mengatur strategi untuk formulasi baru menangani masalah tersebut. Seperti, akan ada bantuan kepada Caleg yang kalah, yang pasti bersifat win-win solution untuk kebersamaan kader,” pungkasnya.(tr-53)

About uman