Home » Berita Utama » Bukan TKA dari Tiongkok
Bukan TKA dari Tiongkok
Sejumlah TKA asal Cina memperpanjang ITAS di Kantor Imigrasi Kelas III Banggai, Selasa (26/7). Pihak Imigrasi memastikan mereka bukan pekerja asal Tiongkok.

Bukan TKA dari Tiongkok

LUWUK – Tenaga Kerja Asing (TKA) asal negara Cina pada Selasa (27/6) mendatangi kantor Imigrasi Kelas III Banggai. Mereka akan mengurus perpanjangan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) untuk kepentingan ketenagakerjaan.
Kasubsi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas III Banggai, Fajar Adiguna mengatakan, TKA asal China tersebut bukan pendatang baru. Tetapi sudah lama bekerja di Kabupaten Morowali. “Karena tidak ada Kantor Imigrasi di Morowali sehingga mereka urusnya di Luwuk,” kata Fajar menanggapi isu masuknya TKA secara besar-besaran dari Negara Tiongkok.
Fajar menjelaskan, TKA tersebut berasal dari tiga perusahaan yang sebelumnya memang telah mengabarkan pihak Kantor Imigrasi Kelas III Banggai bahwa akan memperpanjang ITAS. “Iya memang kabarnya begitu (TKA dari Tiongkok) masuk besar-besaran di Indonesia,” terangnya.
Menurut Fajar, pihaknya mengeluarkan ITAS bagi para TKA yang sudah mengantongi Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) dari Dinas Tenaga Kerja. “Itu dasarnya untuk mengeluarkan ITAS,” terangnya. (ali)

About uman