Home » Berita Utama » Bappeda Buka Akses Publik
Bappeda Buka Akses Publik
Ramli Tongko

Bappeda Buka Akses Publik

LUWUK— Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Banggai akan membuka akses publik seluas-luasnya dalam proses perencanaan pembangunan di daerah. Menurut Kepala Bappeda, Ramli Tongko, sejauh ini, perencanaan pembangunan daerah masih tertutup, dan tidak membuka ruang publik untuk ikut berpartisipasi.
Ramli saat rapat bersama Komisi II DPRD Banggai beberapa waktu lalu menjelaskan, dalam evaluasi perencanaan pembangunan pihaknya juga dipertanyakan sejauh mana peran serta masyarakat dalam perencanaan pembangunan. Menurut dia, peran stakeholder, LSM, perguruan tinggi, dan lembaga-lembaga non pemerintah lainnya serta berbagai pihak dalam perencanaan pembangunan, harus dilibatkan.
“Makanya dalam perencanaan selanjutnya, mungkin dalam momentum Musrembang di semua tingkatan, kami akan  meminta peran serta stakeholder dan masyarakat,” katanya.
Sebelumnya, DPRD menyoal maraknya program dan kegiatan yang disampaikan dewan melalui catatan hasil reses yang hilang saat tahapan penyusunan dokumen KUA PPAS dan penyusunan Dokumen Anggaran. Menurut Ramli, kekhawatiran tersebut akan diminimalisir seiring dengan upaya membuka diri dalam proses perencanaan sehingga control publik akan semakin. “Jangankan gagasan yang disampaikan dewan, gagasan publik lewat lembaga-lembaga non pemerintah juga harus diperhatikan. Ini akan kita benahi kedepan, dibawah kepemimpinan pemerintahan daerah yang baru,” katanya.(far)

About uman