Home » Banggai Kepulauan » Legislatig Sesalkan Rendahnya Serapan Anggaran
Legislatig Sesalkan Rendahnya  Serapan Anggaran
KPU Bangkep Sabtu (23/7) lalu, menggelar Bimtek Aplikasi Silon.

Legislatig Sesalkan Rendahnya Serapan Anggaran

SALAKAN-Rendahnya serapan anggaran pemda Bangkep untuk realisasi pelaksanaan anggaran tahun 2016 ini mengundang sorotan DPRD Bangkep.
Ketua DPRD Bangkep Risal Arwie mendesak pemda untuk memaksimalkan serapan anggaran yang hingga di triwulan ketiga tahun anggaran 2016 ini baru mencapai mencapai 36,65 persen.
“Lambannya seapan anggaran ini hampir setiap tahun terjadi. Tahun ini kembali terulang. Kami berharap pemda harus segera mendorong laju penyerapan anggaran ini,” ungkap Risal.
Menurut dia, rendahnya serapan anggaran akan akan berdampak pembangunan. Pasalnya, penyerapan anggaran merupakan gambaran dari realisasi pembangunan. “Sistempembangunan berbasis anggaran, jika anggarannya belum dimanfaatkan pasti di lapangan pembangunannya belum dapat terlihat. Ini inti masalah dari rendahnya serapan anggaran,” tandasnya.
Risal menyatakan DPRD Bangkep akan melakukan pengawasan secara langsung terhadap penyerapan anggaran Pemda Bangkep. “Kami akan membantu dengan ikut mengawasi jalannya penyerapan anggaran ini,” tekan Risal.
Sementara itu salah satu tokoh masyarakat Bangkep, Yusran M. Yusran kepada wartawan menyatakan, harus ada upaya nyata yang harus dilakukan secara sistematis oleh pemerintah daerah.
Soal minimnya serapan anggaran ini, telah  diingatkan Wakil Bupati Bangkep Zakaria Kamindang saat rapat koordinasi bersama pimpinan SKPD beberapa waktu lalu. Wabu  memberikan peringatan kepada pimpinan SKPD yang serapan anggarannya masih rendah untuk terus berupaya merangsang penyerapan anggaran. Data pada pekan lalu, menyebutkan ada lima belas SKPD yang berada di zona merah karena penyerapan anggarannya berada di bawah dua puluh lima persen. (wan)

About uman