Home » Kampus » Mahasiswa Dukung Langkah Sukirlan
Mahasiswa Dukung Langkah Sukirlan
Masrin

Mahasiswa Dukung Langkah Sukirlan

LUWUK-Perlawanan Sukirlan Sandagang terkait pemecatan dirinya sebagai Wakil Rektor III Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, oleh Rektor Musdar M. Amin, nampaknya menarik simpati sebagian besar aktifis mahasiswa di kampus tersebut. Bahkan, langkah lanjut Sukirlan dengan melakukan gugatan mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh dari mahasiswa.
“Apapun langkah yang akan beliau (Sukirlan,red) ambil, kami mahasiswa akan mendukung dan siap mem-back up di belakang,” ungkap salah satu mahasiswa Untika, yang juga sebagai Calon Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Masrin, Rabu (20/7).
Menurutnya, pemecatan Sukirlan serta dua rekannya (Amiruddin dan Jamil Sulaya), oleh Musdar M. Amin terkesan otoriter dan terlampau jauh dari mekanisme yang ditetapkan dalam statuta, yang merupakan pedoman dalam perguruan tinggi tersebut. Yang lebih disayangkan mahasiswa, pemecatan tersebut tanpa didasari oleh rasa kemanusiaan. “Seharusnya pengangkatan dan pemberhentian itu dilakukan setelah adanya pemilihan. Wakil rektor itu dipilih dan bukan ditunjuk langsung oleh rektor,” jelasnya.
Selain itu, sebagai salah seorang mahasiswa yang berasal dari Banggai Kepulauan, Masrin mengaku sangat prihatin atas pemecatan Jamil Sulaya, yang notabenenya juga merupakan masyarakat Banggai Kepulauan. Menurutnya, Jamil Sulaya sebagai seorang yang dipilih langsung oleh senat memiliki hak untuk menduduki jabatan Wakil Rektor II Untika, hingga masa jabatannya habis di 2018 mendatang. “Kan sangat tidak manusiawi. Beliau (Jamil,red) baru menjalani 8 bulan masa jabatannya. Banyak hal yang harus dipertaruhkan ketika beliau menduduki jabatan tersebut, seperti harus meninggalkan jabatan Dekan FKIP. Terlebih orang akan menilai beliau sebagai pemimpin yang gagal karena dipecat secara tidak hormat, di momen pencalonan dirinya sebagai Wakil Bupati Banggai Kepulauan,” jelasnya. (and)

About uman