Home » Banggai Kepulauan » DPRD Gelar Raker
DPRD Gelar Raker
Suasana jalannya raker Komisi I DPRD, BPMPD dan Bagian Hukum Setda Bangkep, Rabu (20/7).

DPRD Gelar Raker

SALAKAN – Komisi I DPRD Bangkep menggelar rapat kerja (raker) bersama dengan BPM-PD dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah, Rabu (20/7).  Pertemuan itu membahas persoalan pengelolaan dana desa dan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang tak kunjung dilaksanakan.
Sebelumnya, saat turun ke desa sejumlah, Komisi I menerima sejumlah laporan terkait persoalan pengelolaan dana desa. Salah satunya lemahnya kemampuan pemerintah desa (pemdes) dalam menafsirkan regulasi tentang penggunaan.
DPRD menilai, lemahnya pemahaman terkait regulasi dalam pemanfaatan dana desa merupakan masalah yang sangat serius. Sebab, bisa jadi akan menjebak pemerintah desa ke ranah korupsi.
“Jika salah dalam menjalankan regulasi dari pengelolaan dana desa, bukan tidak mungkin akan banyak aparat desa yang akan terseret pada masalah hukum. Ini adalah masalah serius yang harus segera ditangani secara bersama-sama,” ungkap Ketua DPRD Bangkep, Risal Arwie.
Risal menyarankan kepada BPMPD, Bagian Hukum serta DPRD Bangkep, agar secara bersama-sama melakukan sosialisasi terhadap regulasi pengelolaan dana desa kepada pemerintah desa. Saran tersebut mendapat respon positif dari Kepala BPM-PD Muksin Sasia dan Kepala Bagian Hukum Setda Bangkep Rabia Baisang. Mereka sependapat, untuk segera melakukan sosialisasi kepada pemerintah desa.
Soal dana bantuan dari pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang belum dicairkan, Muksin menjelaskan, itu karena pemerintah desa belum memenuhi persyaratan pencairan sebagaimana yang diamanatkan regulasi.
Mengenai pelaksanaan pilkades, kata Muksin, belum bisa dilaksanakan karena tidak adanya anggaran. Sehingga DPRD Bangkep dan BPMPD telah menjadwalkan ulang agenda pertemuan, guna mencari solusi dari masalah ini. (wan)

About uman