Home » Metro Luwuk » Ribuan Warga Hadiri Halal bi Halal
Ribuan Warga Hadiri Halal bi Halal
Ketua PHBI Kabupaten Banggai, Alfian Djibran saat memberikan sambutan pada peringatan halal bi halal di pelataran masjid Agung An-Nur Luwuk, Senin (18/7) malam lalu.

Ribuan Warga Hadiri Halal bi Halal

LUWUK– Senin (18/7) malam, pelataran masjid Agung An-Nur Luwuk dipadati ribuan warga. Kehadiran mereka di masjid terbesar di Kabupaten Banggai itu, dalam rangka memperingati halal bi halal 1437 Hijriah.
Wakil Gubernur Sulteng, H. Sudarto, Bupati Herwin Yatim, Wakil Bupati Mustar Labolo bersama unsur Forkopimda dan para Kepala SKPD turut hadir pada kegiatan yang diprakarsai Pemda bersama PHBI Kabupaten Banggai itu.
“Ini menjadi halal bi halal terbesar kedua, setelah sebelumnya kami mengundang Al-Habsy. Sebanyak 1.200 kursi semuanya terisi,” kata Ketua PHBI Kabupaten Banggai, Alfian Djibran kepada Luwuk Post, Selasa (19/7).
Alfian pada kegiatan yang bertema ‘merajut dan memperkokoh persatuan umat’ itu memberi apresiasi yang tinggi terhadap antusias warga. “Atas nama PHBI kami ucapkan terima kasih atas respon itu,” kata Alfian. Dalam sambutan lisan, Alfian berujar, sejatinya halal bi halal dapat diterjemahkan lebih dalam lagi, yakni memaafkan sesama lahir dan bathin. “Apa yang diucapkan harus pula sesuai dengan hati,” kata Alfian. Sekalipun halal bi halal berlangsung sukses, tapi Alfian tetap membuka diri dari saran dan masukkan masyarakat atas kepemimpinannya di PHBI. “Kami terus membutuhkan ide-ide brilian dari masyarakat, sehingga kedepan setiap agenda PHBI semakin berkualitas demi kemasalahatan umat,” tuturnya.
Bupati Herwin dalam arahannya lebih menekankan pada pembangunan. Herwin berharap pemerintahannya bersama Mustar Labolo mendapat sokongan moril dari seluruh stakeholder. Harapan Herwin hilangkan sekat-sekat pasca momentum pilkada lalu. Begitu pula dengan Wakil Gubernur Sulteng, H. Sudarto mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Banggai, karena untuk yang kedua kalinya memberi kepercayaan kepadanya sebagai Sulteng 2 mendampingi Longki Djanggola.
Habib Djindan bin Novel Salim bin Djindan diberi kepercayaan Pemda dan PHBI Banggai sebagai pembawa hikmah halal bi halal. Alumni Hadramaut Yaman asal Jakarta ini turut memukau ribuan warga yang hadir. Selain berparas tampan, tak kalah menariknya isi materi yang dipaparkannya. Durasi tauziah selama 1 jam dengan materi segar dan relevansi dengan kehidupan kekinian masyarakat, membuat para undangan mengikuti dengan seksama. Pada kesempatan itu, PHBI berkesempatan memberikan bantuan kepada 100 anak yatim piatu, bersama Bank Syariah Mandiri (BSM) kepada Panti Asuhan Darul Ikhlas serta beberapa anak yatim piatu pada sejumlah masjid yang tergabung dalam PHBI. (yan/pn)

About uman