Home » Luwuk Utara-Timur » TPA Bunga segera Diresmikan
TPA Bunga segera Diresmikan
Kadis Petarung Arman Muid ketika meninjau langsung TPA Bunga, belum lama ini.

TPA Bunga segera Diresmikan

LUUWK UTARA – Jika tidak ada kendala, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di desa Bunga, Kecamatan Luwuk Utara akan diresmikan bulan Juli ini.
Kepala Dinas Perumahan dan Tataruang, Arman Muid mengungkapkan, TPA Bunga didesain lebih modern yang ditelah diakui secara Internasional karena berbasis Sanitary landfill. Dimana sampah diurug atau ditimbun dengan tanah, kemudian dibuang secara sistematis. “Ini menjadi kebanggaan pemda,” tuturnya Senin (18/7).
Tidak itu saja, setiap hari sel sampah ditutup/dilapisi dengan tanah, kemudian pada dasar tempat pembuangan, dibuat pipa-pipa pengalir air lindi atau hasil dari sampah yang kemudian diolah menjadi energi. “Petugas yang akan mengelola sampah sudah disiapkan,” tambahnya.
Arman mengaku, dengan akan diaktifkannya TPA Bunga, otomatis wilayah Mololuntun tidak bisa lagi dijadikan TPA. “Jadi Mololuntun tutup, karena sudah tidak dipersyaratkan dalam Undang-Undang,” terangnya.
Ia pun mengaku optimis, TPA yang telah menghabiskan anggaran sampai 10 Miliar itu bisa menampung sampah dari masyarakat Luwuk. Namun yang menjadi kendala saat ini hanyalah armada truk sampah, karena masih kurang. “Masih perlu banyak ketambahan truk sampah lagi,” pungkasnya. (Ajy)

About uman