Home » Banggai Laut » RSUD Balut Minta Tambahan Anggaran
RSUD Balut Minta Tambahan Anggaran
dr. Christian Macpal

RSUD Balut Minta Tambahan Anggaran

BANGGAI-Keluhan tentang pelayanan pengguna BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balut yang sempat mengemuka akhir-akhir ini menuntut dilakukannya suatu pembenahan yang sistematis dan berkelanjutan.
Direktur RSUD Balut, dr. Christian Macpal menyatakan, setidaknya ada dua masalah pokok di instansinya yang perlu dicarikan solusi. Yang pertama mengenai alokasi anggaran pengadaan obat dan alat kesehatan yang relatif kecil serta yang kedua terkait proses distribusi pengadaan yang memakan waktu lama. Persoalan ini sudah pernah disampaikan Christian di depan Bupati Wenny Bukamo saat dialog pada acara buka puasa bersama di rumah jabatan Bupati beberapa waktu lalu. Kepada Bupati, Christian melaporkan bahwa sejak tahun 2014 sampai dengan APBD tahun ini, alokasi anggaran obat-obatan yang dikelolanya tidak mengalami peningkatan yakni hanya berada dikisaran 3 miliar Rupiah per tahunnya.  “Jumlah ini terlalu kecil, kalau bisa di 2017 nanti kami harapkan ada penambahan anggaran,” pintanya.
Dalam hal pengadaan obat-obatan, lambannya proses distribusi turut jadi keluhan. Mengacu proses APBD 2016, belanja pemerintah terhitung mulai bergerak paling cepat pertengahan bulan Maret atau awal April sesuai mekanisme di Unit Layanan Pengadaan. Dari sini dengan proses pendistribusian yang bisa memakan waktu lebih dari sebulan, praktis obat-obatan yang dibiayai pemerintah baru bisa dimanfaatkan warga di bulan April atau awal Mei. Fakta ini menyebabkan pasien yang masuk di rentang Januari hingga Mei terpaksa menggunakan obat dari luar dengan pembiayaan pasien bersangkutan.  “Akibatnya biaya berobat jadi lebih besar dan pasien mengeluh,” terangnya.
Kepada Bupati, dr. Christian mengusulkan adanya cadangan penganggaran yang bisa digunakan dalam pemesanan cepat sambil menunggu proses pengesahan APBD. Atas usulan ini, Bupati mengatakan perlunya suatu pendalaman yang lebih teknis sehingga kebijakan tersebut tida bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi. (Sbt)

About uman