Home » Politik » Wakil Rakyat di Lalong Belum Refresentase
Wakil Rakyat di Lalong Belum Refresentase
Nasrun Hipan

Wakil Rakyat di Lalong Belum Refresentase

LUWUK– Mantan aleg yang kini berprofesi sebagai advokat sekaligus dosen, Nasrun Hipan menilai, para aleg di DPRD Banggai belum menjadi refresentase keterwakilan rakyat, utamanya warga lokal. Satu solusi Nasrun, daerah pemilihan (dapil) perlu dimekarkan.
Berbincang-bincang dengan Luwuk Post di ruang pengacara kantor Pengadilan Negeri (PN) belum lama ini, Nasrun tidak mempersentasekan kuantitas atau jumlah keterwakilan rakyat Babasal dengan non Babasal di parlemen. Tapi bagi Nasrun, kecil jumlah keterwakilan warga lokal.
Tentu saja lanjut dia, ini fenomena memprihatinkan bagi warga Babasal itu sendiri. Cuma satu cara menjawab persoalan itu. Menurut Nasrun perlunya penambahan dapil. Dapil II saran Nasrun layak dimekarkan jadi dua dapil. Yakni Kintom, Batui dan Batui Selatan satu dapil serta Toili, Toili Barat dan Moilong dapil tersendiri.
Jika diestimasi Kintom, Batui dan Batui Selatan memiliki jatah lima kursi, maka diatas kertas warga lokal sudah memiliki lima legislator. Dan selama ini pula tekan Nasrun, belum ada keterwakilan masyarakat Kecamatan Kintom di DPRD Banggai. Malah kantong suara di kecamatan tertua itu diberikan kepada figur yang bukan putra daerah. “Pemekaran dapil II jadi solusi tepat,” ujar Nasrin. (yan)

About uman