Home » Politik » Lania Akan Tentukan Calon Wakil Bupati
Lania Akan Tentukan Calon Wakil Bupati
Harsono Moidady

Lania Akan Tentukan Calon Wakil Bupati

LUWUK– DPP Partai Golkar telah melegitimasi Lania Laosa sebagai calon kandidat bupati Banggai Kepulauan (Bangkep) pada pilkada Februari 2017. Keputusan itu ditelurkan pada rapat di DPP tanggal 12 Juli. Siapa calon wakil bupati, akan ditentukan oleh kandidat petahana ini.
Sekretaris DPD Partai Golkar Bangkep, Harsono Moidady yang dihubungi via ponsel, Senin (18/7) kemarin menginformasikan, ada dua indikator sehingga Lania ditetapkan sebagai kandidat calon bupati (cabup) dari Golkar. Selain hasil survei DPP yang menempatkan Lania pada posisi teratas juga karena Lania menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Bangkep. Hanya saja Harsono tidak menyebut angka persentase dari hasil survei DPP Golkar sehingga Lania dinilai paling tinggi elektabilitas dan tingkat keterpilihannya. “Keputusan DPP itu tidak menyebutkan besaran hasil surveinya. Karena itu menjadi konsumsi internal,” jawab Harsono.
Berdasarkan petunjuk pelaksana (juklak) nomor 1 tahun 2015, cabup yang dilegitimasi Partai Golkar punya hak menentukan pendampingnya. “DPP dan DPD Golkar Sulteng tidak mengintervensi. Kandidat calon wakil bupati akan dipilih pak Lania,” terang Harsono.
Meski belum deal siapa pendamping Lania, namun Harsono telah memberi bocorannya. Kata dia, saat ini baru satu nama yang mengerucut, yakni Rusli Banun. “Baru satu nama yang muncul,” kata Harsono. Rusli Banun atau biasa disapa Haji Abu, selain pengusaha dia juga Ketua DPC Partai Perindo Kabupaten Banggai.
Kembali dituturkan Harsono, kemungkinan pekan ini rekomendasi DPP Partai Golkar buat Lania diterbitkan. Dan pihaknya siap mensosialisasikan itu pada seluruh kepengurusan Partai Golkar di Bangkep.
Sebelum surat sakti DPP itu dikantongi Lania, DPD Golkar Bangkep telah mengajukan 13 nama cabup dan cawabup. Jumlah itu kemudian ramping menjadi enam, yakni tiga kader masing-masing Lania Laosa, Rizal Arwie dan Harsono Moidady serta tiga non kader, mereka adalah Nophan Saleh, Hasman Pandipa dan Boy Tunggul. (yan)

About uman