Home » Politik » Bali Mang Diminta Waspada
Bali Mang Diminta Waspada
Syarif Alimun

Bali Mang Diminta Waspada

LUWUK– Masih ada duri dalam daging di Partai Golkar Banggai. Sebagai ketua partai, Samsulbahri Mang diminta tetap waspada. Lawan politik diinternal beringin masih melakukan gerilya.
Pesan ini disampaikan fungsionaris Partai Golkar Banggai, Syarif Alimun saat berbincang-bincang dengan Luwuk Post, di ruangan Komisi III DPRD Banggai, Senin (18/7) kemarin.
Sebelum pilkada Banggai tahun lalu, kader yang bertolak belakang dengan kepemimpinan Samsulbahri Mang, nilai Syarif telah steril. Tapi ini politik. Bentuk perlawanan masih akan dilakukan, sekalipun dilakono secara senyap. Syarif tidak menjustisfikasi siapa saja kelompok duri dalam daging itu. Tapi yang pasti, gerakan bawah tanah masih dilakukan dengan dibackup kelompok diluar sistem. Apalagi sambung pria yang bergabung di Golkar sejak tahun 1971 ini, kelompok itu memiliki jaringan di provinsi dan di pusat.
Memang lanjut Syarif, Bali Mang punya kedekatan baik dengan pemerintahan baru serta memiliki sokongan kekuatan dari provinsi. Tapi pesan Syarif lagi, tetap waspada. Kalangan yang dekat dengan Bali Mang saran dia lagi, harus peka melihat konstalasi politik jelang Musda. Bahkan jika perlu memasang radar setiap saat demi menjaga eksistensi Bali Mang di Golkar.
Masih mendasari analisa politik Syarif, ditingkat akar rumput dalam hal ini pengurus kecamatan (PK), elektabilitas Bali Mang sangat kuat. Itu akan menjadi modal Bali Mang pada Musda mendatang. Sekalipun sistem pemilihannya berubah, sebagaimana telah dilakukan partai politik lainnya, akan tetapi peluang Bali Mang memimpin Golkar Banggai masih sangat terbuka lebar.
Meski di atas kertas demikian, tapi saran Syarif lagi, Bali Mang tetap waspada, dengan gerakan politik lawan diinternal. “Saya tahu persis karakter Bali Mang yang pemaaf. Tapi di panggung politik terkadang sikap baik itu tidak harus menjadi prioritas,” jelas senior Golkar ini. (yan)

About uman