Home » Luwuk Utara-Timur » Badan Jalan Bukan Garasi
Badan Jalan Bukan Garasi
Sejumlah kendaraan terlihat memarkir kendaraannya menggunakan badan jalan, belum lama ini.

Badan Jalan Bukan Garasi

LUWUK– Pemilik kendaraan dilarang menggunakan badan jalan untuk memarkir kendarannnya. Apalagi dibuat layaknya garasi mobil. Hal itu disampaikan Kepala Seksi Keselamatan Lalulintas, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Utu Mangkona, Rabu (13/7).
Kata dia, sejak 30 Juni 2016 lalu, pihaknya sudah menghimbau pemilik toko tentang larangan tersebut. Sesuai dengan surat nomor 551.11/824/Bid.LLAJ yang salah satu poin pentinya adalah, tidak lagi seenaknya menaruh kendaran di badan jalan layaknya garasi.
“Teguran tersebut tidak hanya pertokoan di kota Luwuk saja, tetapi juga yang di Luwuk Selatan,” tuturnya.
Menurutnya, kalaupun parkir, hanya diperbolehkan paling lama satu jam, jika lewat akan diberikan sanksi berupa pembayaran tarif maksimal (per jam) sesuai dengan keputusan. “Dan bagi pemilik toko atau ruko yang tidak mematuhi aturan tersebut akan dikenakan sanksi,” tambahnya.
Utu mengaku, himbauan tersebut sebelumnya juga sudah pernah dibahas pada tanggal 7 Oktober 2013, dimana saat itu dihadiri langsung dari sejumlah perwakilan baik dari Polres Banggai, BPPT, Disciktar, Disbimair, Camat Luwuk, Luwuk Selatan dan juga Kabag Perundag-undangan.
“Ada dalam 10 poin yang telah menjadi kesepakatan, diantaranya juga membahas para pemilik toko yang sudah menjadikan badan jalan sebagai garasi mobil,” pungkasnya. (ajy)

About uman