Home » Berita Utama » Forum Bupati segera Dibentuk
Forum Bupati segera Dibentuk
Basri Sono

Forum Bupati segera Dibentuk

LUWUK– Semangat pembentukan Provinsi Sultim sepertinya belum kendur. Setelah menang PTUN dengan termohon DPRD Sulteng, semangat pembentukan Sultim semakin berkobar. Bahkan rencananya untuk kembali memuluskan perjuangan pembentukan daerah otonom baru (DOB) dijazirah timur Sulteng itu, forum bupati se-Sultim akan dibentuk.
Korwil Forum Perjuangan Pembentukan Provinsi Sulawesi Timur (FP3-Sultim) Basri Sono yang ditemui Selasa (12/7) kemarin mengaku telah menggelar pertemuan bersama bupati dan wakil bupati Banggai beserta para pegiat Sultim di kantor bupati Banggai.
Ada sejumlah topik yang dibahas pada pertemuan itu. Diantaranya kata Basri Sono terkait pembentukan forum bupati dan ketua DPRD se-Sultim.
Keinginan itu lanjut mantan aleg DPRD Sulteng ini mendapat respon bupati Herwin Yatim bersama wakilnya Mustar Labolo. Bahkan kabar yang tidak kalah menarik lagi lanjut Basri Sono bahwa pembentukan forum bupati dan ketua DPRD se-Sultim itu bakal dimediasi oleh Wakil Gubernur Sulteng, H. Sudarto.
Rencananya lanjut mantan Rektor Unismuh Luwuk ini, Sudarto akan menggelar halal bi halal di Kota Luwuk pada Kamis (14/7). Dan momentum itu akan digunakan untuk memaksimalkan rencana pembentukan forum.
Mantan Ketua DPD PAN Kabupaten Banggai ini optimistis, apabila forum tersebut terbentuk maka perjuangan Sultim akan semakin bersinergi. Sebab tidak hanya akan terfokus perjuangannya di Kabupaten Banggai semata.
Sekedar mengingatkan, forum serupa pernah dibentuk tanggal 29 Juli 2004 lalu. Saat itu ada lima kabupaten yang tergabung, yakni Poso, Banggai, Morowali, Bangkep dan Touna. Karena tarik-menarik persoalan ibukota sehingga forum itu tidak berjalan. Tapi tekan Basri Sono sebelum mengakhiri komentarnya kali ini berbeda, mengingat tidak ada lagi dualisme calon ibukota Sultim, kecuali Luwuk. (yan)

About uman