Home » Berita Utama » Asap Hitam Gemparkan Warga
Asap Hitam Gemparkan Warga
Satu unit mobil damkar siap siaga di depan toko Raja Motor untuk memadamkan api, Selasa (12/7).

Asap Hitam Gemparkan Warga

LUWUK– Asap hitam membumbung tinggi di langit Kelurahan Kompo, Kecamatan Luwuk Selatan, Selasa (12/7) sekira pukul 09.45 wita. Kejadian itu menggemparkan warga sekitar. Pasalnya, warga merasa sudah terjadi kebakaran di lantai dua toko Raja Motor. Nyatanya, asap hitam tersebut bukan kebakaran rumah, melainkan akibat sampah yang dibakar oleh karyawan toko.
Meski demikian, warga panik dengan kejadian tersebut. Betapa tidak, lokasi kejadian merupakan pemukiman padat penduduk. “Bagaimana kami tidak takut, asap hitam tebal sudah naik sekitar tiga meter. Jadi kami pikir kebakaran, padahal hanya sampah dibakar. Tapi sebenarnya itu tidak boleh, bahaya. Apalagi di lantai dua begitu,” ujar warga setempat.
Saat itu, kata dia, warga langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran. “Saya juga sempat berhentikan seoarng polisi yang saat itu melintas agar segera menghubungi aparat kepolisian lainnya,” kata pria berjenggot tipis itu.
Sementara itu, Anggota DPRD Banggai, Saripudin Tjatjo, yang saat itu berada di lokasi kejadian geram dengan tindakan karyawan toko spare part mobil tersebut. Menurutnya, tindakan tersebut sangat tidak logis. “Kok bakar sampah di lantai dua. Bahaya itu,” tandasnya.
Ia juga menyatakan, pemilik toko ketika diberitahu ada asap hitam di lantai dua rumahnya justru cuek. Nanti setelah pihak kepolisian datang barulah pemilik toko mengaku kalau asap tersebut akibat pembakaran sampah.
Kata dia, pemilik toko dan karyawannya sebaiknya digiring ke pihak kelurahan untuk diberikan pembinaan. Karena sangat berbahaya bakar sampah di lantai dua. “Harus dibina agar ada efek jera. Meskipun hanya bakar sampah, tapi bisa berdampak buruk bagi warga yang lain,” tegas Saripudin.
Amatan Luwuk Post di lokasi kejadian, satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) sudah siap siaga memadamkan api. Kejadian itu juga mengakibatkan jalan Mohammad Hatta mengalami kemacetan.
Tak hanya menggemparkan warga, pihak kepolisian pun dibuat sibuk. Terbukti, dua unit mobil patroli polisi dengan bunyi sirene langsung tiba di lokasi. Tak tunggu lama, sejumlah anggota polisi langsung naik ke lantai dua untuk melakukan pemeriksaan. Polisi menemukan tumpukan abu bekas bakaran sampah yang diletakan di atas parabola rusak. (awi)

About uman