Home » Ekonomi » Data Penumpang Tidak Akurat
Data Penumpang  Tidak Akurat
Pengisian manifest penumpang pada setiap keberangkatan kerap diabaikan. Nampak salah satu armada milik PT ASDP.

Data Penumpang Tidak Akurat

LUWUK – Mudik lebaran tahun ini sistem pelayaran sepertinya belum tertata rapi. Bagaimana tidak, pengawasan yang lemah membuat para penumpang terkadang tak membeli tiket dan otomatis tak tercatat dalam manifest.
Penelusuran Luwuk Post dalam beberapa keberangkatan dengan rute Kabupaten Banggai-Banggai Laut, terdapat penumpang yang membeli tiket di atas kapal. Itu terjadi pada jasa pelayaran PT ASDP Cabang Luwuk atau pun perusahaan pelayaran yang terdapat di Pelabuhan Rakyat.
Diketahui, penyebabnya selain fasilitas kapal yang kurang, penumpang juga terkadang bandel untuk membeli tiket. Padahal, loket yang disediakan hanya puluhan meter dari kapal.  “Mau beli tiket tempat tidur tidak ada lagi. Jadi buat apa,” ujar salah seorang penumpang yang ditemui koran ini di Pelabuhan milik ASDP beberapa waktu lalu.
Data manifest sangat penting ketika terjadi kecelakaan laut. Sebab, data tersebut jadi acuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam mengevakuasi.
Secara terpisah, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen (YLKI) Kabupaten Banggai, Dedi Kobaa mengatakan, penumpang dan barang harus dicatatkan dalam manifest. “Itu guna menghindari membludaknya penumpang,” kata Dedi, Kamis (30/6).
Namun, Dedi tidak menyalahkan sepenuhnya pengawasan yang lemah. “Calon penumpang harus membeli tiket sehingga petugas bisa mencatat,” jelasnya. (ali)

About uman