Home » Politik » Naskah Akademik Satu Raperda Tuntas
Naskah Akademik Satu Raperda Tuntas
Mursidin

Naskah Akademik Satu Raperda Tuntas

LUWUK-Badan legislasi (Baleg) DPRD Banggai dalam waktu dekat bakal menuntaskan satu rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif terkait perlindungan dan pemberdayaan petani. Mursidin S.Ag, anggota Baleg mengungkapkan salah satu persyaratan dalam pembahasan suatu raperda telah selesai.
“Untuk raperda perlindungan dan pemberdayaan petani sudah akan dibahas. Karena sekarang naskah akademik sudah selesai,” pungkasnya, Selasa (28/6).
Mursidin menjelaskan naskah akademik yang dibuat oleh Universitas Tompotika sudah selesai dan sudah diserahkan ke Baleg. Hanya saja, pembahasan raperda kemungkinan baru akan dijadwalkan setelah lebaran nanti. “Dengan perda ini kita upayakan agar petani bisa mendapatkan keuntungan dari sisi jaminan ketika terjadi gagal panen, jadi ini seperti asuransi petani,” ungkapnya.
Ia juga mengakui jika saat ini perlindungan petani sudah ada aturannya, hanya saja dalam bentuk perda belum ada. Hal itulah yang kemudian mendorong Baleg membuat satu perda inisiatif, mengingat kabupaten Banggai juga menjadi salah satu lumbung penghasil beras di Sulawesi Tengah. Tak hanya itu, Mursidin juga mengatakan selain raperda perlindungan dan pemberdayaan petani, Baleg juga sudah menuntaskan sosialisasi terkait perda CSR (Coorporate Social Responsibility) ke  sejumlah perusahaan yang ada di kabupaten Banggai. “Dan saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang sadar dan mulai menjalankan program CSR-nya. Salah satunya PT Mantawa Karyatama Sejati,” tutupnya.(van)

About uman