Home » Politik » Siapa Kandidat Usungan PAN?
Siapa Kandidat Usungan PAN?
Bikham Bs Masso

Siapa Kandidat Usungan PAN?

LUWUK—Siapa kandidat usungan Partai Amanat Nasional (PAN) di Pilkada Banggai Kepulauan (Bangkep) awal tahun 2017 mendatang?. Teka-teki itu memang masih terlalu kabur ditebak, apalagi PAN sendiri terkesan dingin menyikapi persoalan tersebut. Alasannya, tahap pendaftaran bakal calon kepala daerah (Balon kada) DPD PAN Bangkep baru dibuka awal pekan ini sehingga belum adanya tanda-tanda kandidat usungan.
Sejumlah fungsionaris PAN Bangkep saat dikonfirmasi mengaku belum ingin berkomentar panjang lebar. Menurut mereka, keberadaan figur Balon kada bupati dan wakil bupati yang akan berkompetisi tidak sedikit. Apalagi belum diketahui pasti siapa-siapa saja yang nantinya akan mendaftarkan diri melalui gerbong partai matahari terbit.
“Konstelasi politik masih sangat dinamis, kami belum bisa mengarah kesana (Balon kada,red),” jelas politikus PAN yang kini menjabat aleg DPRD Bangkep, Bikham BS Masso belum lama ini.
Menurut Bikham, tahapan diinternal partai masih akan berjalan, tidak sedikit mekanisme yang harus ditempuh para pendaftar dalam berburu tiket partai di Pilkada nanti.
“Kalaupun mereka lolos verifikasi dan tahapan berikutnya, giliran DPP yang memutuskan figur usungan. Pada kondisi itu kami di daerah tak dapat mengintervensi apa yang menjadi wewenang elit partai di tingkat pusat,” tegasnya.
Pernyataan serupa juga diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD PAN Bangkep, Kristanto Apit. Kristanto mengaku tengah fokus menuntaskan proses penjaringan figur. Dia menilai terlalu dini untuk memprediksi siapa yang nantinya akan diusung PAN.
“Masih sangat jauh untuk berbicara soal itu, kami baru saja membuka pendaftaran. Kalau memang sudah ada kader yang dipersiapkan ngapain buang-buang waktu dan anggaran membuka pendaftaran. Tapi karena pada dasarnya tidak ada makanya dibuka,” jelasnya, Selasa (21/6).
Dikatakannya, para figur Balon kada bupati dan wakil bupati Bangkep periode 2017-2022 seluruhnya merupakan putera terbaik daerah. Hanya saja PAN memiliki penilaian dan kriteria tersendiri dalam menentukan figur yang berkomitmen membangun daerah dan mensejahterakan rakyat bersama PAN. Ditambah lagi, sambungnya, hasil survei menjadi pertimbangan yang tak kalah pentingnya.
“Kita selesaikan dulu tahap penjaringan seprosedural dan profesional mungkin barulah bahas soal itu,” pungkasnya.
Sementara itu, spekulasi politik kian mencuat disetiap perbincangan segelintir pihak di Bangkep. Terkait parpol peraih 5 kursi di DPRD Bangkep itu, terdapat sejumlah nama yang digadang-gadang berpeluang mengantongi rekomendasi PAN diantaranya, yakni mantan Bupati Bangkep yang juga kader PAN Irianto Malingong dan Bupati Bangkep dari partai Golkar Lania Laosa.
Sayangnya, jawaban pasti untuk itu masih menunggu sikap PAN setelah menyelesaikan seluruh tahapan penjaringan dan penyaringan Balon kada nanti.(man)

About uman