Home » Politik » Musda Golkar Pasca Idul Fitri
Musda Golkar Pasca  Idul Fitri
Samsulbahri Mang

Musda Golkar Pasca Idul Fitri

LUWUK—Musyawarah Daerah (Musda) DPD II Partai Golkar Banggai tampaknya tak akan lama lagi. Ketua Golkar Banggai, Samsulbahri Mang memprediksi, pelaksanaan Musda akan mulai digulir pasca hari raya Idul Fitri 1437 Hijriyah tahun ini.
“Mungkin setelah Idul Fitri, tapi terlebihdahulu yang akan melaksanakan Musda adalah DPD I (kepengurusan provinsi,red) barulah menyusul kabupaten/kota sebagaimana mekanisme partai,” tutur Bali –sapaan akrab politikus yang menjabat Ketua DPRD Banggai ini-, Selasa (21/6).
Mulanya, jelas dia, Musda DPD I direncanakan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni tahun ini. Namun, para elit ditingkat pusat masih menunggu ditekennya SK (surat keputusan) kepengurusan DPP hasil Munas (Musyawarah Nasional) yang diketuai Setya Novanto oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham,red).
Lalu sampai kapan jadwal Musda ditunda? Aleg dapil I ini belum dapat memastikannya. Yang jelas, katanya, struktur kepengurusan DPP telah rampung. “Komposisi kepengurusan telah disusun, tinggal menunggu disahkan Menkumham,” katanya.
Sementara itu, kepengurusan baru Partai Golkar hasil musyawarah nasional luar biasa (munaslub) di Bali ternyata belum mendapat pengakuan dari pemerintah. Sebab, Golkar yang kini dipimpin Setya Novanto memang belum mendaftar kepengurusan baru ke Kementerian Hukum dan HAM.
Menurut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly, pihaknya hingga saat ini belum menerima daftar susunan kepengurusan DPP Partai Golkar.  “Kami menunggu susunan kepengurusan yang dikirimkan dengan dokumen-dokumen yang lengkap,” katanya ditemui di gedung DPR Jakarta, Selasa (21/6).
Menurutnya, susunan kepengurusan partai yang didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM harus disertai dokumen lengkap. Termasuk akta notaris dan kelengkapan administrasi lainnya.
Karenanya Yasonna pun menunggu Golkar mendaftarkan kepengurusan baru. Menteri asal PDIP itu bahkan berjanji akan secepatnya mengesahkan kepengurusan Golkar jika sudah didaftarkan.
“Kami tunggu. Kan pada umumnya kalau sudah dikirimkan ke kami, tujuh hari kita akan selesaikan paling lambat,” katanya.
Yasonna pun menduga Golkar sedang melengkapi dokumen yang diperlukan. “Mungkin masih mempersiapkan dokumen-dokumen munasnya sama formatur-formaturnya,” tambah mantan anggota DPR dari PDIP itu.(man/fat/jpnn)

About uman