Home » Ekonomi » Kinerja Petugas SE Mengecewakan
Kinerja Petugas SE Mengecewakan
Muhamad Said

Kinerja Petugas SE Mengecewakan

LUWUK – Kinerja petugas sensus ekonomi (SE) jauh dari harapan ekspektasi. Sebab, hingga memasuki pekan ketiga Juni SE belum juga rampung.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banggai Muhamad Said menegaskan, banyak data yang harus dibenahi. Namun, kondisi itu terkendala dengan para petugas SE yang sulit dihubungi meski waktu perbaikan begitu mepet. “Lepas kontrak, hp (handphone, Red) mereka sulit dihubungi,” ujar Said, Selasa (21/6).
Akibatnya, kata Said, pihaknya langsung mengambil alih perbaikan data. Sehingga dia menilai petugas SE tidak bertanggung atas tugas yang diberikan. “Padahal para petugas ini sudah ikut pelatihan,” katanya.
Said memaparkan, saat ini tahap SE sudah sampai pada perbaikan penulisan data laporan dengan tenggat waktu hingga 30 Juni. Kemudian ke tahap scener dan validasi pada 15 Juli, “Setelah libur lebaran kami harus kerja ekstra karena tangggal 16 Juli data sudah harus masuk ke pusat,” pungkasnya.
Soal honorarium yang dinilai terlambat oleh petugas SE, Said memastikan, Rabu (22/6) sudah dicairkan melalui PT Pos Indonesia di masing-masing kecamatan. “Hari ini (kemarin, Red) honor itu saya sudah transfer,” jelasnya.
Said merinci, total keseluruhan jumlah honorarium yang dibayarkan oleh BPS Kabupaten Banggai sebesar Rp 881 juta. Itu terdiri dari Rp 614,8 juta untuk petugas lapangan dan Rp 266,2 juta untuk pengawas lapangan. “Untuk petugas lapangan honornya Rp 2,9 juta per orang. Sedangkan untuk pengawas Rp 3,2 juta per orang,” urainya. (tr-53)

About uman