Home » Ekonomi » Disbun Diminta Kembangkan Komoditas Perkebunan
Disbun Diminta Kembangkan Komoditas Perkebunan
Produksi perkebunan masih butuh peran pemerintah agar berkembang. Nampak para petani tengah mengelolah kopra yang merupakan produk turunan kelapa dalam.

Disbun Diminta Kembangkan Komoditas Perkebunan

LUWUK – Dinas Perkebunan Kabupaten Banggai ditugaskan untuk mengembangkan produksi kelapa sawit dan juga kelapa dalam. Pasalnya, komoditas tersebut kian berkembang pesat di Indonesia karena menyumbang pendapatan besar bagi negara.
Bupati Banggai Herwin Yatim menyatakan, berdasar pengalamannya mengunjungi Provinsi Sumatera Utara dan Negara Malaysia, lahan perkebunan kelapa sawit tidak membutuhkan lahan yang luas, tetapi hasilnya begitu berlimpah. “Hanya butuh lahan 1 atau dua hektare saja, tapi mampu hasilnya cukup melimpah,” ujar Herwin di Dinas Perkebunan, Selasa (21/6).
Lebih lanjut, Herwin mengatakan, tugas Dinas Perkebunan membantu pengembangan industri perkebunan dan juga para petani. “Untuk para petani kembangkan komoditas seperti kelapa dalam dan kakao,” katanya.
Menurut Herwin, petani di Kabupaten Banggai belum memahami korporasi di sektor perkebunan. Sehingga komoditas yang sudah digeluti selama ini harus dikembangkan. Contohnya kelapa dalam dan kakao. “Ini tugas dari Dinas Perkebunan,” katanya.
Kelapa dalam, kata Herwin, punya sejarah tersendiri di daerah ini karena mampu membangun infrastruktur dengan produk turunannya, kopra. “Sehingga mampu menumbuhkan ekonomi dengan basis perkebunan dan kemaritiman dengan kearifan lokal dan keagamaan,” jelasnya. (ali)

About uman