Home » Metro Luwuk » Dapatkan 1.319 Stasiun Amatir Radio Dunia
Dapatkan 1.319  Stasiun Amatir Radio Dunia
Tim IOTA DXpedition saat foto bersama di depan balai Desa Mansalean Kecamatan Labobo.

Dapatkan 1.319 Stasiun Amatir Radio Dunia

LUWUK-Anggota amatir radio yang tergabung dalam tim IOTA (Island On The  Air) Dxpedition di Pulau Labobo Kabupaten Banggai Laut dan Pulau Bangkalan Kabupaten Bangkep berhasil mendapatkan 1.319 stasiun radio amatir dunia dari seluruh benua.
“Semua stasiun radio amatir dunia dari seluruh dunia sudah berkomunikasi dengan tim IOTA Dxpedition dengan nama panggilan YB8O,baik melalui CW (morse) RTTY dan SSB (phone),” kata QSL Manajer Tim IOTA Dxpedition Pulau Labobo dan Pulau Bangkalan Syariefudin Syah pada Luwuk Post, Senin (20/6).
Ia menyatakan, meski kondisi propagasi yang mendukung dalam berkomunikasi namun dengan semangat yang kuat dari tim, expedisi di pulau ini berhasil melakukan komunikasi dengan baik. “Tidak gampang mendapatkan ribuan stasiun amatir radio di semua benua dalam kondisi propagasi yang tidak mendukung saat ini,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Tim IOTA Dxpedition Pulau Labobo dan Pulau Bangkalan, Syafyudin Salawali menyatakan, kegiatan expedisi di dua pulau itu bertujuan memperkenalkan pada dunia tentang potensi pariwisata dan sumber daya alam yang dimiliki Pulau Labobo dan Pulau Bangkalan. “Pulau Labobo dan Bangkalan ini dikenal amatir radio dunia melalui IOTA program yang pusatnya ada di Inggris. Sebagai anggota amatir radio yang tinggal dekat dengan dua pulau itu, kami mengudara di pulau tersebut dan memperkenalkannya pada dunia,” jelasnya pria yang akrab disapa Yudin ini.
IOTA DXpedition di Pulau Labobo berlangsung sejak 15 sampai 17 Juni dan Pulau Bangkalan 18 sampai 19 Juni 2016, Tim dipimpin Syafyudin Salawali/YB8OUN, Syariefudin Syah/YB8RW (QSL Manajer), Budi Sahari/YC8OBM, Freeke/YC8NFK, Sudirman Ma’aruf/YC8NHN, Zulkarnain Asona/YD8MGN dan Ilham Baadi/YD8POH. (bd)

About uman