Home » Ekonomi » Butuh Keterlibatan Lintas Instansi
Butuh Keterlibatan Lintas Instansi
Djufri R. Diko

Butuh Keterlibatan Lintas Instansi

LUWUK – Keterlibatan semua pihak menjadi kunci untuk mendorong kemajuan di sektor kelautan. Itu diungkapkan anggota Komisi III DPRD Banggai (bidang perekonomian), Djufri R. Diko menanggapi keluhan para pengepul ikan di Kota Luwuk.
Djufrie memaparkan, pengepul ikan harus berkonsultasi terlebih dahulu ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), kemudian menuju Dinas Kesehatan untuk mengetahui tingkat kesehatan ikan yang layak diekspor. “Jangan sampai ada ikan yang tidak layak ekspor,” jelas Djufrie, Selasa (21/9).
Lanjut dia, pengepul juga harus menyambangi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk berkonsultasi mengenai jalur distribusi sehingga bisa menembus pasar luar negeri. “Karena mereka yang mempertemukan antara pengekspor ikan dengan suplayer dari negara lain. Tidak langsung ikan terkumpul terus langsung untuk diekspor tidak seperti itu,” terang politikus PAN itu.
Menurut Djufrie, Kabupaten Banggai sudah layak berdiri pabrik ekspor sebagai perpanjangan tangan pengepul. Hanya saja, akan berkonsekuensi pada biaya. “Pertama datangkan investor untuk mengola ikan yang layak untuk ekspor, kedua bangun sendiri pabrik, cuman cara ini membutuhkan biaya yang sangat besar,” ucapnya.
Soal potensi, Djufri memastikan, produksi ikan di Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut sudah bisa digarap eksportir. “Selain untuk mengolah sendiri potensi daerah, juga bisa jadi pengumpul dari daerah Bangkep (Banggai Kepulauan) dan Balut (Banggai Laut) yang potensi perikanannya lebih dari daerah ini,” papar Djufrie . (tr-53)

About uman